Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS :Studi fenomenologi di SDN 101/II Muara Bungo
Abstrak
Penelitian ini berlatar belakang karena kurangnya pemahaman pendidik atas kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS, kurangnya pengintegrasian pada pembelajaran IPAS, dan kurangnya pelatihan antar sesama pendidik mengenai kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk menginterpretasikan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran IPAS di SDN 101/II Muara Bungo. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, penelitian dilaksanakan di SDN 101/II Muara Bungo. Partisipan pada penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yaitu Pendidik Kelas IV dan kelas V. prosedur pemilihan partisipan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, aktivitas dalam analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis data diperkuat menggunakan aplikasi atlas TI dan menggunakan trianggulasi sebagai kevalidan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran IPAS di rancang dengan menganalisis platform kurikulum merdeka yang berisi capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan modul ajar, 2) pendidik melakukan kerja sama dengan rekan kerja untuk merancang pembelajaran IPAS, 3) pelaksanaan pembelajaran IPAS kurikulum merdeka cocok menggunakan dengan strategi Think pair score (TPS) dan model discovery learning, 4) penilaian pembelajaran IPAS menggunakan penilaian diagnostic (penilaian fisik dan psikis), formatif (games, kuis, apresiasi), sumatif (ulangan harian, UTS, UAS).
Unduhan
Referensi
Ahmad Wahyu Hidayat. (2022). Studi Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Model Kurikulum 2013. Studi kebijakan pengembangan kurikulum, 6(2), 172. https://doi.org/10.53627/jam.v6i2.3792
Astuti, E. A., Murniningsih, M., & Rezkita, S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 1 Kadipiro [Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta]. https://repository.ustjogja.ac.id/doc/analisis-implementasi-kurikulum-merdeka-pada-p2427064. https://doi.org/10.56587/bemi.v1i2.80
Azzahra, I., Aan Nurhasanah, & Eli Hermawati. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6230–6238. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1270
chusnul rofiah. (2023). metode penelitian fenomenologi.
Deni Hadiansah. (2022). Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru.
Dr. Farida Jaya, M. P. (2019). Buku Perencanaan Pembelajaran-full.
Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu., 5(4), 11. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Irma, N. (2019). Pendekatan Studi Islam: Pendekatan Fenomenologi dalam Kajian Islam. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW kembang Kerang., 3(1), 46.
Khoirurrujal, dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka.
Purba, P., Rahayu, A., & Murniningsih, M. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.56587/bemi.v1i2.80
Qolbiyah, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia., 1(1), 44. https://doi.org/10.56114/edu.v1i2.391
Rati, F. (2015). Penggunaan Media S2DLS (Sony Sugema Digital Learning System) dalam Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada SMA alfa centauri.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.
Suhelayanti, dkk. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.
Wijayanti, Dyaning, Inggit, dkk. (2023). . Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (online, 8(2), 7.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPAS, Studi Fenomenologi Independent Curriculum, Science and Science Learning, Phenomenological Study
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-06-25
|
Cara Mengutip | : |
Nurhana, S., Aprizan, A., Subhanadri, S., Wiyoko, T., & Dani, R. (2024). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS :Studi fenomenologi di SDN 101/II Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 206–214. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2020
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|