IMPLEMENTASI LESSON STUDY LEARNING COMMUNITY UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN ALJABAR MAHASISWA PADA MATERI FUNGSI PEMBANGKIT
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pada masing-masing indikator penalaran aljabar dalam pemecahan masalah fungsi pembangkit setelah penerapan pendekaan M-APOS berbasis lesson study learning community. Jenis Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Tahapan lesson study sedikit banyak memiliki kemiripan dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian sejumlah 23 mahasiswa prodi pendidikan matematika STKIP PGRI Sumenep semester Ganjil yang telah dinyatakan lulus mata kuliah prasyarat. Instrumen penelitian berupa tugas pemecahan masalah terkait fungsi pembangkit dan lembar observasi lesson study. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan persentase data yang diperoleh perindikator penalaran aljabar berdasarkan hasil observasi pelaksanaan lesson study dan tugas pemecahan masalah. Peningkatan penalaran aljabar pada indikator pencaian pola, penemuan pola dan generalisasi berturut –turut sebesar 56,17%, 52,73%, dan 49,32%.
Unduhan
Referensi
Almujab, S., Yogaswara, S. M., Novendra, A. M., & Maryani, L. (2018). Penerapan Lesson Study Melalui Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran di FKIP UNPAS. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 139–148. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2352
Andriani, P. (2015). β eta. Beta, 8(1), 1–13.
Antasari, M., Hanifah, H., Susanta, A., & Andriani, I. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education Melalui Model APOS Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2468. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6928
Cahyani, L. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Diskrit Mahasiswa Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 8, pp. 430–442). Palembang: Universitas PGRI Palembang. Retrieved from https://jurnal.unsur.ac.id/prisma
Chrysostomou, M., Pitta-Pantazi, D., Tsingi, C., Cleanthous, E., & Christou, C. (2013). Examining Number Sense and Algebraic Reasoning Through Cognitive Styles. Educ Stud Math, 205–223. https://doi.org/10.1007/s10649-012-9448-0
Eliza, E., Saputra, E., & Herizal, H. (2022). Penerapan Model M-APOS Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MtsN 4 Aceh Timur. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 2(November), 316–326. https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i2.9435
Herbert, K., & Brown, R. H. (2000). Patterns as Tools for Algebraic Reasoning. Teaching Children Mathematics, 3(6), 123–128. https://doi.org/10.5951/TCM.3.6.0340
Indraswari, N. F., Minggani, F., Muhammad, D., & Fitriyah, A. (2023). Pendampingan Implementasi Lesson Study Untuk Melatih Penalaran Aljabar Siswa SMP di Ujung Utara Kota Pamekasan. I-Com : Indonesian Community Journal, 3(4), 1726–1738. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3379
Indraswari, N. F., & Zakiyah, S. (2020). Identifikasi Penalaran Aljabar Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Relasi Rekursif Menggunakan Alat Peraga Menara Hanoi Ditinjau Dari Gaya Belajar. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(4), 565–574. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss4pp565-574
Lestari, R., & Afifah, N. (2018). Pengaruh Model Lesson Study Terhadap Kemampuan Dasar Mengajar Mahasiswa Biologi Universitas Pasir Pengaraian. Bio-Lectura, 5(1), 37–41. https://doi.org/10.31849/bl.v5i1.1015
Muchtar. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Modification Action, Process, Object, Schema (M-APOS) untuk Mningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Murtisal, E., Nurmaliah, C., & Safrida, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Berbasis Lesson Study Terhadap Kompetensi Pedagogik dan Keterampilan Proses Sains Guru Biologi SMA Negeri 11 dan MA Negeri 3 Kota Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(1), 81–94. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1074
Noviana, W., Suyono, S., & Hakim, L. El. (2018). Pengaruh Pendekatan M-APOS Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v1i1.4959
Podilito, A. S. (2015). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Mata Kuliah Mateatika Diskrit Materi Fungsi Pembangkit. Universitas Negeri Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo.
Rini, A. P. (2021). Lesson Study for Learning Community (LSLC). Jurnal Ilmu Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam, 3(1), 25–38. https://doi.org/10.36269/tlm.v3i01.376
Sucilestari, R., & Arizona, K. (2019). Kelas inspirasi berbasis media real melalui pendekatan lesson study. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 23–34. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.964
Keywords | : |
Kata Kunci:
Lesson Study Learning Community, Penalaran Aljabar Lesson Study Learning Community, Algebraic Reasoning
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-06-12
|
Cara Mengutip | : |
Indraswari, N. F. I., & Wahdian, A. (2024). IMPLEMENTASI LESSON STUDY LEARNING COMMUNITY UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN ALJABAR MAHASISWA PADA MATERI FUNGSI PEMBANGKIT. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 88–94. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.2001
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|