EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 10 KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN MODEL COUNTENANCE STAKE

Alwina Sucita ( IAIN Bengkulu )
Dinda Lestari ( IAIN Bengkulu )
Fopy Angraini ( IAIN Bengkulu )
Siska Selpiyanti ( IAIN Bengkulu )
Ahmad Walid ( IAIN Bengkulu )

Abstrak

Evaluasi Pembelajaran Biologi Di SMAN 10 Kota Bengkulu Menggunakan Model Countenance Stake. Pada dunia Pendidikan, Evaluasi pembelajaran adalah proses untuk menentukan nilai belajar dan pembelajaran yang dilaksanakan, dengan melalui kegiatan penilaian dan/atau pengukuran belajar dan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran Biologi di SMAN 10 Kota Bengkulu berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model Countenace Stake. Pengumpulan data menggunakan teknik, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran Biologi termasuk kategori cukup (70%), ditemukan belum adanya kesesuaian antara RPP dengan standar proses pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran Biologi termasuk kategori cukup (58%), belum adanya kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran dengan standar proses pelaksanan pembelajaran; dan (3) hasil belajar peserta didik belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan aktualitas ketercapaian 65% kategori cukup. 4) terdapat contingency antara perencanaan, pelaksanaan dengan hasil belajar IPA, yang perencanaan pembelajaran dengan kategori yang cukup menyebabkan guru melaksanakan pembelajaran belum sesuai standar proses sehingga hasil belajar peserta didik belum memenuhi KKM.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2008). Evaluasi program pendidikan (2rded). Jakarta: PT.Bumi Aksara. Depdikbud

Davis, Keith. Newstrom, John. (2008). Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga

Hamm, R.W. (1985). A Systematic evaluation of an environmental invertigation course. (Doctoral dissertation.Georgia State University). ERIC Document. Reproduction Service No ED-256-622.

Kaufman, R., & Thomas, S. (1980). Evaluation without fear. New York London: New Viewpoints

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan no. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta: BSNP.

Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan Agung Prihantoro. Yogyakarta :Pustaka Belajar

Provus, M., Malcolm. (1969). The discrepancy evaluation models. An approach to local program improvement and development. Pitaburgh Public School.

Stake, R E. (1977). The Countenance of educational evaluation.In A.A. Bellack & H.M Kliebard. Eds 1. Curriculum and evaluation (pp. 372-390).Berkeley.CA McCutehan.

Stake, Robert E, 1967. Center for Instructional Research and Curriculum Evaluation University of Illinois. The Coutenance Of Educational Evaluation (1-12)

Walid,A., Putra, E. P., & Asiyah, A. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Program Solving Disertai Diagrag Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu: Indonesian Journal Of Integrated Science Education, 1(1), 1-6

Winaryati. E., Suyata, & Sumarno. (2013). Model evaluasi dalam supervisi pembelajaran IPA berbasis lima domain sains. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 17, No. 2, (pp.241258).

Wiyoko, T. (2019). Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Dengan Graded Responses Models Pada Pembelajaran IPA. IJIS Edu: Indonesian Journal Of Integrated Science Education, 2019, 1(1), 25-32

Wiyoko, T., & Aprizan,A. (2020). Analisis Profil Kemampuan Kognitif Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. IJIS Edu : Indonesian J. Integr. Sci. Education, 2(1), 2020, 2(1), 28–34. http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.2384

Ilmu Alamiah Dasar Wood, B.B. (2001). Stake’s Countenance Model: Evaluating an Enveronmental Education Proffesional Development Course. The Journal of Environmental Education, Vol.32, No.2, pp. 18-27.


Keywords  :  
Kata Kunci: Evaluasi pembelajaran;, Countenance Stake;, Pembelajaran Biologi Evaluation of learning;, Countenance Stake;, Learning Biology
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-11-20
Cara Mengutip  :  
Sucita, A., Lestari, D., Angraini, F., Selpiyanti, S., & Walid, A. (2020). EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 10 KOTA BENGKULU MENGGUNAKAN MODEL COUNTENANCE STAKE. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 488–498. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.200
Terbitan  :