MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOMIK PELUANG (KOLANG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP

Suci Indah Sari Suci ( STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia )
Hefi Rusnita Dewi ( STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia )
Zainuddin Zainuddin ( STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika komik peluang (KOLANG) untuk meningkatkan kemmapuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran komik peluang (KOLANG) memenuhi standar kelayakan dengan kategori sangat layak dengan hasil penilaian validasi ahli media yaitu 100% dan hasil penilaian validasi ahli materi yaitu 95%. Sehingga media pembelajaran komik peluang (KOLANG) dapat diterapkan untuk mendukung proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Fahriza Noor, M. G. R. (2019). No Title. 5(1), 75–82. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.470

Febriyandani, R. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. 4(2), 323–330. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.

Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 112. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6665

Masri, E., Wahyuni, N. P., & Rini, A. M. (2019). Perilaku Memilih Jajanan Dan Kantin Sehat Siswa Sekolah Dasar Dengan Edukasi Media Komik. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(2), 177–185. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.278

Mursari, C. (2019). Deskripsi Kemampuan Berikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Pendahuluan Matematika merupakan salah satu ilmu yang mendasari ilmu-ilmu lain . Matematika merupakan kebutuhan universal yang mendasari perkembangan tek. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 40–48. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i2.7345

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP MELALUI. VI(2), 119–131.

Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845

Pujianingtias, E. N., Saputra, H. J., & Muhajir, M. (2019). Pengembangan Media Majamat pada Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 257. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19261

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092

Raharjo, I., Rasiman, R., & Untari, M. F. A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.27934

Ratnawati, D., Handayani, I., Hadi, W., Studi, P., Matematika, P., Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP The Influence of PBL Model Assisted by Question Card toward Mathematic Critical Thinking in JHS. 10(April). https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683

Reswari, W. A., Jaya, W. S., & Pratama, E. Y. (2021). PENGARUHMEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KEALSVII MTs. Jurnal Ilmiah MahasiswaPendidikan MatematikaSTKIP PGRI Bandar Lampung, 3(2), 1–15.

Safrida, L. N., Ambarwati, R., Adawiyah, R., & Albirri, E. R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5095

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58

Siamy, L., Syazali, M., Kandis, W., Lampung, B., & Interaktif, M. (2018). Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. 1(1), 113–117. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1919

Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2023). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp ditinjau dari gaya belajar siswa. 6(September 2021), 53–63. https://doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2415

Wirawan, I. K. J. (2018). Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Dan Siswa. 2(4), 103–111. https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16374

Wirawan, R., Awal Nur, M., & Syahraeni, R. (2020). Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Multimedia. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.28

Wulansari, Tri Murdiyanto, & Siti Rohmah Rohimah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berupa Aplikasi Komik Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 45–52. https://doi.org/10.21009/jrpms.052.05

Zulaiha, F., Fisika, P. P., Nahdlatul, U., Cirebon, U., & Learning, P. B. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Astanajapura. 2(1), 17–23. https://doi.org/10.19109/jifp.v1i2.1629


Keywords  :  
Kata Kunci: Media Belajar, Komik Peluang, Matematika Learning Media, Comics, Mathematics
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-12
Cara Mengutip  :  
Suci, S. I. S., Rusnita Dewi, H., & Zainuddin, Z. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOMIK PELUANG (KOLANG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 102–111. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1998
Terbitan  :