MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOMIK PELUANG (KOLANG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika komik peluang (KOLANG) untuk meningkatkan kemmapuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran komik peluang (KOLANG) memenuhi standar kelayakan dengan kategori sangat layak dengan hasil penilaian validasi ahli media yaitu 100% dan hasil penilaian validasi ahli materi yaitu 95%. Sehingga media pembelajaran komik peluang (KOLANG) dapat diterapkan untuk mendukung proses pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Fahriza Noor, M. G. R. (2019). No Title. 5(1), 75–82. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.470
Febriyandani, R. (2021). Pengembangan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. 4(2), 323–330. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37447
Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.
Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 112. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6665
Masri, E., Wahyuni, N. P., & Rini, A. M. (2019). Perilaku Memilih Jajanan Dan Kantin Sehat Siswa Sekolah Dasar Dengan Edukasi Media Komik. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(2), 177–185. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.278
Mursari, C. (2019). Deskripsi Kemampuan Berikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Pendahuluan Matematika merupakan salah satu ilmu yang mendasari ilmu-ilmu lain . Matematika merupakan kebutuhan universal yang mendasari perkembangan tek. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 40–48. https://doi.org/10.30595/alphamath.v5i2.7345
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP MELALUI. VI(2), 119–131.
Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
Pujianingtias, E. N., Saputra, H. J., & Muhajir, M. (2019). Pengembangan Media Majamat pada Materi Pecahan Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 257. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.19261
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092
Raharjo, I., Rasiman, R., & Untari, M. F. A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 96–101. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.27934
Ratnawati, D., Handayani, I., Hadi, W., Studi, P., Matematika, P., Muhammadiyah, U., & Hamka, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Question Card terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP The Influence of PBL Model Assisted by Question Card toward Mathematic Critical Thinking in JHS. 10(April). https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.7683
Reswari, W. A., Jaya, W. S., & Pratama, E. Y. (2021). PENGARUHMEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KEALSVII MTs. Jurnal Ilmiah MahasiswaPendidikan MatematikaSTKIP PGRI Bandar Lampung, 3(2), 1–15.
Safrida, L. N., Ambarwati, R., Adawiyah, R., & Albirri, E. R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5095
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.
Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58
Siamy, L., Syazali, M., Kandis, W., Lampung, B., & Interaktif, M. (2018). Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. 1(1), 113–117. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1919
Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2023). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp ditinjau dari gaya belajar siswa. 6(September 2021), 53–63. https://doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2415
Wirawan, I. K. J. (2018). Hubungan Bimbingan Belajar Orang Tua Dan Siswa. 2(4), 103–111. https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16374
Wirawan, R., Awal Nur, M., & Syahraeni, R. (2020). Aplikasi Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Multimedia. JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.28
Wulansari, Tri Murdiyanto, & Siti Rohmah Rohimah. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berupa Aplikasi Komik Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(2), 45–52. https://doi.org/10.21009/jrpms.052.05
Zulaiha, F., Fisika, P. P., Nahdlatul, U., Cirebon, U., & Learning, P. B. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Astanajapura. 2(1), 17–23. https://doi.org/10.19109/jifp.v1i2.1629
Keywords | : |
Kata Kunci:
Media Belajar, Komik Peluang, Matematika Learning Media, Comics, Mathematics
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-06-12
|
Cara Mengutip | : |
Suci, S. I. S., Rusnita Dewi, H., & Zainuddin, Z. (2024). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KOMIK PELUANG (KOLANG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 102–111. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1998
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|