APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK SLOW LERANER PADA MATERI ALJABAR

Lulu Farida ( STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia )
Mety Liesdiani ( STKIP PGRI Bangkalan, Indonesia )

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyediakan sumber daya pendidikan dalam bentuk aplikasi pembelajaran untuk Android yang mencakup materi aljabar bagi slow learner  (lamban belajar) dengan menggunakan konsep multisensorik, metode visual dan konsep aljabar realistic dengan tujuan dapat membantu proses pembelajaran siswa slow learner  di sekolah inklusi dengan menggunakan media aplikasi pembelajaran berbasis android supaya tidak hanya menggunakan media pembelajaran konvesional, dikarenakan dalam proses pembelajaran siswa slow learner (lamban belajar) membutuhkan metode dan media tambahan yang khusus sehingga dapat membantu untuk siswa slow learner dalam memahami setiap materi yang diajarkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research And Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi, sedangakan untuk Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran untuk  matematika yang berbasis android bagi slow learner terhadap aljabar memenuhi kriteria kelayakan yang valid. Secara keseluruhan perolehan skor dari setiap penyataan yang ada pada lembar validasi yaitu 100% (sangat valid) sehingga aplikasi pembelajaran dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Nugroho, E. M. (2013). Aplikasi Pembelajaran Matematika Kelas 2 SMP / MTs Berbasis Android. Skripsi. Surakarta: Fakultas Komunikasi Dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta. eprints.ums.ac.id

Nurrahmawati, A. (2017). Studi Kasus tentang Motivasi Belajar Siswa Slow Learner di Kelas III. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 281–288.

Ridha, Andi Ahmad (2021). Memahami Perkembangan Siswa Slow Learner. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Riko Hendrian, E. (2021). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Invertebrata Laut

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Sari, R. N., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Media Sosial Instagram Pada Materi Lingkaran Di SMP. Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 120–127. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/32940

Sugiarti, L. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 323–330.

Suhaili, M. (2022). Perancangan Tampilan UI/UX Pada Aplikasi Novel Komik (Nomik). JoMMiT : Jurnal Multi Media Dan IT, 6(1), 23–28. https://doi.org/10.46961/jommit.v6i1.559

Sukma, H. H. (2021). Pembelajaran Slow Learner di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit K-Media

Tantowi Afan, I., Wikan, W. B., & Wahyuningsih, E. D. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Siswa Slow Learner. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 3(2), 92–105. https://doi.org/10.37729/jipm.v3i2.1362

Yulia, Y., & Karnadi, V. (2020). Aplikasi Edukasi Kuis Matematika Untuk Tingkat Sekolah Menengah Pertama Berbasis Android. Journal of Applied Informatics and Computing, 4(1), 33–37. https://doi.org/10.30871/jaic.v4i1.1647


Keywords  :  
Kata Kunci: Aljabar, Android, Media Pembelajaran, Slow Learner Aljabar, Andorid, Learning Media, Slow Learner
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-10
Cara Mengutip  :  
Farida, L., & Liesdiani, M. (2024). APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK SLOW LERANER PADA MATERI ALJABAR. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1997
Terbitan  :