ENGLISH LANGUAGE LEARNING AND TEACHING USING KAHOOT

Ludovikus Ludovikus ( Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan RS Husada, Indonesia )
Ribka Sabarina Panjaitan ( Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan RS Husada, Indonesia )
Yurita Mailintina ( Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan RS Husada, Indonesia )
Anselmus Sudirman ( Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia )

Abstrak

Globalisasi dan pertumbuhan teknologi telah membawa setiap orang memiliki keterikatan yang mendalam terhadap seluruh kehidupan dan konteks manusia. Situasi tersebut juga membawa pada perubahan ke arah penggunaan media dan instrumen pembelajaran yang lebih adaptif, terutama dalam membuat informasi yang diperoleh dapat diakses. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Alat yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan IBM SPSS versi 20.0. Hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas responden (58,9%) setuju dengan efektivitas Kahoot dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. Hal ini menunjukkan bahwa banyak siswa memandang Kahoot secara positif sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Namun, responden lain (41,1%) menyatakan ketidaksetujuannya dengan efektivitas Kahoot dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. Kesimpulannya, data yang disajikan menawarkan wawasan berharga mengenai persepsi siswa terhadap pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris menggunakan Kahoot. Meskipun sebagian besar siswa setuju dengan keefektifannya, sebagian besar siswa mempunyai pandangan berbeda. Memahami dan mengatasi beragam persepsi ini sangat penting untuk mengoptimalkan Kahoot dan alat serupa dalam pendidikan bahasa, yang pada akhirnya meningkatkan keterlibatan siswa dan hasi pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aprianti, F., Dayurni, P., Fajari, L. E., Pernanda, D., & Meilisa, R. (2022). The Impact of Gadgets on Student Learning Outcomes: A Case Study in Indonesia Junior High School Students. International Journal of Education, Information Technology, and Others, 5(5), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.7446724

Hadijah, H., Pratolo, B. W., & Rondiyah, R. (2020). Interactive game “Kahoot!” as the Media of Students’ Vocabulary Assessment. Journal on English as a Foreign Language, 10(1), 87–105. https://doi.org/10.23971/jefl.v10i1.1670

Licorish, S. A., & Lötter, A. L. J. (n.d.). When Does Kahoot! Provide Most Value for Classroom Dynamics, Engagement, and Motivation?: IS Students’ and Lecturers’ Perceptions. In Journal of Information Systems Education (Vol. 33, Issue 3, pp. 245–260).

Mada, R. D., & Anharudin, A. (2019). How Online Learning Evaluation (Kahoot) Affecting Students’ Achievement and Motivation (Case Study on it Students). International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(5), 422–427. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i5.1494

Mamin, R., Hasanuddin, H., & Samputri, S. (2020). The Influence of Achievement Motivation Towards Student Learning Outcomes on Department of Natural Science Education of Makassar State University. International Conference on, 2015, 465–473. https://ojs.unm.ac.id/icsat/article/view/17715

Murphy, D. H., Little, J. L., & Bjork, E. L. (2023). The Value of Using Tests in Education as Tools for Learning—Not Just for Assessment. Educational Psychology Review, 35(3), 1–21. https://doi.org/10.1007/s10648-023-09808-3

Purwasari, R. M., & Purnamaningsih, I. R. (2022). Implementation of technology-based learning media: Student attitudes and Experiences. Professional Journal of English Education (PROJECT), 5(4), 842–849.

Rahmatika, R., Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The Effectiveness of Youtube as an Online Learning Media. Journal of Education Technology, 5(1), 152. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628

Rosyidi, A. A. (2020). The Implementation of Kahoot As Digital Assessment Tool in Structure Class of Parahikma Institute of Indonesia. English Education Journal, Assesment Tool, 1–21. http://eprints.unm.ac.id/17388/.

Surayya, S. A., Jaelani, S. R., & Ilmiani, I. (2023). The Use of Kahoot! Application to Teach English Vocabulary Learning in Rural Area. Pioneer: Journal of Language and Literature, 15(1), 183. https://doi.org/10.36841/pioneer.v15i1.2928

Warsihna, J., Ramdani, Z., & Prakoso, B. H. (2019a). Using Kahoot to Improve Students’ Achievement and Critical Thinking in Undergraduate of Psychology Students. In International Association for Development of the Information Society.

Warsihna, J., Ramdani, Z., & Prakoso, B. H. (2019b). Utilizar Kahoot Para Mejorar Los Estudiantes Logro Y Pensamiento Crítico En Estudiantes De Pregrado De Psicología. 16th International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age, CELDA 2019, 144–150. https://doi.org/10.33965/celda2019_201911L018


Keywords  :  
Kata Kunci: Persepsi Siswa, Kahoot, Media Pembelajaran online Perception, Kahoot, online learning media
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-10
Cara Mengutip  :  
Ludovikus, L., Sabarina Panjaitan, R., Mailintina, Y., & Sudirman, A. (2024). ENGLISH LANGUAGE LEARNING AND TEACHING USING KAHOOT. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 12–16. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1992
Terbitan  :