KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

Naurin Julia Wati ( Universitas Jambi, Indonesia )
Arrum Dwi Wahyuni ( Universitas Jambi, Indonesia )
Putri Wulandari ( Universitas Jambi, Indonesia )
Rivaldi Aulia Fikri ( Universitas Jambi, Indonesia )
Ahmad Hariandi ( Universitas Jambi, Indonesia )
Prishidayati Prishidayati ( Universitas Jambi, Indonesia )

Abstrak

Tujuan penelitian ini mencakup implementasi nilai-nilai kearofan lokal dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari dua jenis informan, yaitu guru SDN 55/I Sridadi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan peserta didik SDN 55/I Sridadi, dengan kelas sebagai lingkungan pengamatan utama, serta dukungan dari arsip dan dokumen terkait penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), langkah-langkah yang perlu dilakukan mencakup pemilihan materi pembelajaran yang relevan, penyelarasan dengan nilai-nilai agama Islam, penggunaan metode pembelajaran yang interaktif, keterlibatan komunitas lokal, proyek kolaboratif dengan komunitas setempat, serta menyelenggarakan refleksi dan diskusi. Dengan menerapkan langkah-langkah ini secara terstruktur, lembaga pendidikan dapat meningkatkan keterkaitan antara pelajaran agama Islam dengan nilai-nilai kearifan lokal, yang pada gilirannya akan berperan positif dalam pembentukan karakter dan identitas peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, M., & Yanto, A. H. (2022). Analisis Teknik Dasar Bowling Olahraga Kriket. Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia, 2(2), 117–124. https://doi.org/10.55081/joki.v2i2.594

Bayu, Y. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Model Pembelajaran Budaya Islamic. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6(2), 170–190. https://doi.org/https://doi.org/10.51729/6238

Bisri, M. H. (2023). “Kearifan Lokal Dalam Perspektif Kebijakan Sumberdaya Manusia (SDM) Pemerintahan Desa” (Studi di Desa Palaan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang). Journal Islamic Business and Entrepreneurship, 1(1), 65–71. https://doi.org/10.33379/jibe.v1i1.2217

Cahya, A. D., Rahmadani, D. A., Wijiningrum, A., & Swasti, F. F. (2021). Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. YUME : Journal of Management, 4(2), 230–242. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.861

Damanik, R. J., Nababan, S. A., Pulung Sumantri, Muhammad Ricky Hardiyansyah, Muhammad Adika Nugraha, & Abdul Azis. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah Sumatera Utara di Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Islam Sumatera Utara. Islamic Education, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.57251/ie.v3i1.1018

Hanifah, A. N. (2021). Penerapan Pembelajaran IPS bagi Siswa SMP Berbasis Pengenalan Kearifan Lokal Balimau Kasai melalui Teknik Humanistik. Jurnal Pendidikan, 12(2), 85–95.

Hartanto, D., Taufiqurrahman, & Fauzi. (2022). Representasi Penguatan Identitas Budaya pada Mahasiswa Melalui Pendidikan Sosial Budaya di STKIP Al Maksum Langkat. Jurnal Berbasis Sosial, 2(1), 69–79. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jbs/article/view/349

Komara, E., & Adiraharja, M. I. (2020). Integrasi Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 10 Kota Bandung. MIMBAR PENDIDIKAN: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan, 5(2), 117–130. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v5i2.28870

Kurniadi, D. (2023). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di SMK. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 2(1), 79–85. https://doi.org/10.58540/jipsi.v2i1.418

Masriah, S., Nurlaeli, A., & Akil, A. (2023). Peran Keluarga Dalam Pembentukan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini. ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 316–325. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/view/16824

Muis, M. A., Hanisah, P., Wulandari, P. S., Mardhiah, A., & Alfiani, S. (2023). Mengukir Kearifan Lokal: Jejak Pendidikan Tradisional Raden Dewi Sartika Perspektif Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kajian Agama Islam, 7(12), 78–88.

Muharrom, M., Aslan, A., & Jaelani, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Pusat Keunggulan Smk Muhammadiyah Sintang. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal (JIPKL, 3(Januari), 1–13. https://jipkl.com/index.php/JIPKL/article/view/35

Mochamad Nashrullah, O., Okvi Maharani, Sp., Abdul Rohman, Sp., Eni Fariyatul Fahyuni, Sp., Nurdyansyah, I., & Sri Untari MPd, R. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data) Diterbitkan oleh UMSIDA PRESS. https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-071-7

Musyafak, M., & Subhi, M. R. (2023). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 5.0. Asian Journal of Islamic Studies and Da’wah, 1(2), 373–398. https://doi.org/10.58578/ajisd.v1i2.2109

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Putri, S. N., & Budiman, A. (2022). Penguatan Moderasi Beragama Melalui Implementasi Pendidikan Multikultural pada Pendidikan Sekolah Dasar. Ikhtisar: Jurnal Pengetahuan Islam, 2(2), 241. https://doi.org/10.55062//IJPI.2022.v2i2.131

Rahmayanti, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran pengolahan dan penyajian makanan Indonesia menggunakan aplikasi Lectora Inspire. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(2), 60–67. https://doi.org/10.37251/jee.v1i2.44

Santoso, G., & Dauwi, L. (2023). Mandiri dan Critical Tinking: Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Peserta Didik Kelas 1. Jurnal Pendidikan Transformatif, 02(04), 495–520.

Sukeriyadi, M., & Duraesa, M. A. (2023). Analisis Hasil Penelitian Pendidikan Islam dengan Pendekatan Kearifan Lokal. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(12), 1831–1843. https://doi.org/10.56338/jks.v6i12.4555

Trisna, A. S., Wahyudin, D., Rusman, R., Riyana, C., & Pragholapati, A. (2022). Kurikulum Kearifan Lokal Bali Berbasis Heutagogy di Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES), 5(1), 122–135. https://doi.org/10.31539/joes.v5i1.3475

Yuliatin, Y., Sawaludin, S., & Haslan, M. M. (2022). Kearifan Lokal Suku Sumawa yang dapat Diintegrasikan dalam Pembelajaran PPKn SMP. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(2), 7. https://doi.org/10.31764/civicus.v9i2.6832

Yulisharsasi, Surjanti, J., & Kistyanto, A. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional TerhadapKinerja Karyawan Melalui Etika Kerja Islam Pada KUDTani Bahagia Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Jurnal Hukum, Pendidikan & Sosial Keagamaan, 1(2), 137–154.


Keywords  :  
Kata Kunci: Nilai Kearifan Lokal, Pembelajaran Agama Islam Values of Local Wisdom, Islamic Religius Learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-17
Cara Mengutip  :  
Wati, N. J., Wahyuni, A. D., Wulandari, P., Fikri, R. A., Hariandi, A., & Prishidayati , P. (2024). KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 150–155. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1961
Terbitan  :