IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR

Halimatussakdiah ( Universitas Jambi, Indonesia )
Yantoro Yantoro ( Universitas Jambi, Indonesia )
Muhammad Sholeh ( Universitas Jambi, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Tempat penelitian ini di SDN 42/IV Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif fenomenologis dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar dimulai pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar telah dilaksanakan dengan baik dengan memperhatikan elemen-elemen yang berdiferensiasi. Kolaborasi berbagai pihak terus diupayakan guna menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan memfasilitasi siswa untuk belajar sesuai dengan kesiapan, minat dan profil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalia, K., Rasyad, I., & Gunawan, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Inovasi pembelajaran. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(2), 185–193. https://doi.org/10.51178/jetl.v5i2.1351

Dyaning Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS Mi/Sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 2100–2112.

Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Firman, F.-. (2018). Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. https://doi.org/10.31227/osf.io/autbh

Miqwati, Susilowati, E., & Moonik, J. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.4997

Ningrum, M., Maghfiroh, & Andriani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85–100. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513

Purba, M., Purnamasari, N., Rahma, I., Elisabet, S., & Susanti, I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar (1 ed.). Jakarta:Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori Dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (M. Fathurrohman, Ed.; 1 ed.). Penebar Media Pustaka.

Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 13(1), 16. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.41424

Sholeh, M., & Aini, N. (2023). Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Media Card Sort Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5, 1686–1692. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i4.4949

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan RnD (Sutopo, Ed.; 2 ed.). Bandung:Alfabeta.

Yantoro. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Yang Efektif Dalam Menumbuhkan Sikap Disiplin Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 586–592. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.265


Keywords  :  
Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, IPAS, Sekolah Dasar Differentiated Learning, IPAS, Elementary Schools
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-10
Cara Mengutip  :  
Halimatussakdiah, Yantoro, Y., & Sholeh, M. (2024). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 32–40. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1947
Terbitan  :