PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPAS
Abstrak
Penelitian ini didasari adanya masalah di SDI Rawe terkait Keterampilan psikomotorik peserta didik yang masih rendah dan juga belum dikembangkan secara baik sehingga peserta didik kurang aktif dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya mata Pelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keterampilan psikomotorik peserta didik dalam pembelajaran IPAS melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model kemmis dan Mac Taggart dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing- masing siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas V SDI Rawe. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan lembar uji keterampilan psikomotorik. Hasil pelaksanaan proyek siklus I ditemukan bahwa dalam pelaksanaan proyek keaktifan siswa sebanyak 48% dan dalam peleksanaan proyek siklus II keaktifan siswa mengalami peningkatan sebanyak 32 % sehingga pada proyek siklus II keaktifan siswa menjadi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik peserta didik di SDI Rawe kelas V pada mata pelajaran IPAS.
Unduhan
Referensi
Akhmad, M. A., Mustari, M., Putra, Moh. A., Arif, T. A., Fadollah, I., & Sila, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 341–355. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1462
Asih, T. (2019). Perkembangan Psikomotorik Peserta Didik di Kota Metro. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 10, 101–111. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2046
Astuti, E. puji. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 671–680. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.177
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 2599–2481. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Dharma, E., Betty Sihombing STIE Sultan Agung, H., & Sultan Agung, S. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Konferensi Nasional Pendidikan, 183–190.
Dinatha, N. M., Kua, M. Y., Dolo, F. X., Qondias, D., Gelu, A., Pare, P. Y. D., Wele, M. A., Wonga, M. F., Wena, H., Anu, M. K., & Nua, M. (2022). Pendampingan Guru IPA Dalam Pelaksanaan Olimpiade IPA Tingkat SMP. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 3(2), 96–104. https://doi.org/10.38048/jailcb.v3i2.973
Dyaning Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS SD/MI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2112. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597
Fatimah, F. S., Asy’ari, H., Sandria, A., & Nasucha, J. A. (2023). Learning Fiqh Based on the TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) Method in Improving Student Learning Outcomes. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v2i1.13
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Gustian, U., Touvan Juni Samodra, Y., Putra Perdana, R., Kepelatihan Olahraga, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Tanjungpura, U., Barat, K., Kunci, K., Game, F., & pemecahan masalah, K. (2022). Field Games untuk Menstimulasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3). https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.224
Hasanah, O. A., Rifka Amelia, C., Salsabila, H., Agustin, R. D., Setyawati, R. C., Elifas, L., & Marini, A. (2023). Pengintegrasian Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS: Upaya Memaksimalkan Pemahaman Siswa Tentang Budaya Lokal. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 33–44. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94
Islami, N. Al, Hasanuddin, & Yunus, S. R. (2017). Implementasi Penggunaan Alat Peraga IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX di SMP Negeri 2 Marioriwawo. Jurnal IPA Terpadu, 1(1), 1–12.
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482
Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science And Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622
Marista Ule, L., Kua, M. Y., Rewo, J. M., & Laksana, D. N. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill Dengan Real World Problem Berbasis Kearifan Lokal Ngada pada Mata Pelajaran IPA SMP Kelas VII. Jurnal Citra Pendidikan, 1, 554–562. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jcp.v1i4.334
Mohzana, M., Masita, M., Adnan, M., Murcahyanto, H., & Kulsum, U. (2023). Madrasah Principal’s Strategy in Improving Student Recruitment Results at State Aliyah Madrasas. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(3), 389–400. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i3.425
Mubarok, H. (2019). HigH Order THinking Skill dalam Pembentukan karakter SiSwa Sekolah daSar di era induStri 4.0. Jurnal Elementary, 7(2), 215–230. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6107
Niswara, R., & Fita Asri Untari, M. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. MIMBAR PGSD UNDIKSHA, 7, 85–90. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17493
Oktabrian, A., & Mahendra, Y. (2020). Musik Keroncong Sebagai Implementasi Konsep Merdeka Belajar (Studi Kasus Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android).
Prihatini, A., & Sugiarti. (2022). Citra Kurikulum Baru: Kesiapan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 58–70. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7447
Purwadhi. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. MIMBAR PENDIDIKAN: Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, , 4(1), 21–34. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968
Putri Sarwendah, A. (2022). Nilai-Nilai Karakter Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berbasis Proyek pada Siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Balikpapan. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/jpka.v13i1.47299
Rianda, K., & Sayekti, S. P. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 214–223. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.526
Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 1–6.
Saselah, Y. R. (2021). Pengembangan Media Pugar dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Berorientasi Chemo-Enterpreneurship (CEP) untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 4, 174–190. https://doi.org/10.47239/jgdd.v4i2.317
Sutrisno, S., & Nasucha, J. A. (2022). Islamic Religious Education Project-Based Learning Model to Improve Student Creativity. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.3
Syarif, M. I. (2020). Disrupsi Pendidikan IPA Sekolah Dasar dalam Menyikapi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Menuju New Normal Pasca COVID-19. Jurnal Basicedu, 4(4), 927–937. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.487
Utami, P. A., Jaya, F., & Seituni, S. (2021). Pengaruh Project Based Learning terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3863–3876.
Wicaksono, A. G., & Sayekti, I. C. (2020). Bagaimana perbandingan kurikulum 2013 dengan kurikulum Australia pada mata pelajaran IPA? Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(1), 21–29. https://doi.org/10.30738/natural.v7i1.8117
Widyana, T. C., & Nugrahanta, G. A. (2021). Peran Permainan Tradisional Terhadap Karakter Empati Anak 6-8 Tahun. Jurnal Basicedu, 5(6), 5445–5455. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1585
Yamin, M., & syarir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 127–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121
Zaini, M., Barnoto, B., & Ashari, A. (2023). Improving Teacher Performance and Education Quality through Madrasah Principal Leadership. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(2), 79–90. https://doi.org/10.59373/kharisma.v2i2.23
Keywords | : |
Kata Kunci:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Psikomotorik Project Based Learning, Psychomotor
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-06-10
|
Cara Mengutip | : |
Meme, Y. O., Kua, M. Y., Dinatha, N. M., & Uge Lawe, Y. (2024). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPAS. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 76–87. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1940
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|