PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPAS BERBASIS PRAKTIKUM SEDERHANA BAGI SISWA KELAS IV SD

Gervarsia Virjinlia Anita Dhena ( Pendidikan IPA STKIP Citra Bakti, Indonesia )
Maria Yuliana Kua ( Pendidikan IPA STKIP Citra Bakti, Indonesia )
Fransiskus Xaverius Dolo ( Pendidikan IPA STKIP Citra Bakti, Indonesia )
Dek Ngurah Laba Laksana ( PGSD STKIP Citra Bakti, Indonesia )

Abstrak

Kurangnya inovasi dari guru dalam menciptakan materi pembelajaran di era 5.0 memiliki dampak yang signifikan terhadap standar pembelajaran secara keseluruhan. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah salah satu bahan pembelajaran yang esensial bagi siswa, terutama yang berfokus pada praktikum. Penggunaan LKPD yang berbasis praktikum masih terbilang kurang di UPTD SDI Tarawaja. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang sederhana dengan pendekatan parktikum, khususnya untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Penelitian ini menggunakan pendekatan Riset dan Pengembangan (R&D) dengan menerapkan model pengembangan 3D (Define, Design, dan Develop). Penelitian dilaksanakan di UPTD SDI Tarawaja, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan melibatkan partisipasi dari 5 siswa kelas IV dan 1 guru. Analisis data dilakukan secara terbatas oleh ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa, yang semuanya merupakan guru IPAS. Data yang digunakan mencakup data kuantitatif dari hasil validasi oleh ahli, serta tanggapan dari siswa dan guru melalui kuesioner, serta data kualitatif yang diperoleh melalui saran dan masukan dari penilai. Persentase validasi oleh ahli materi mencapai 90%, oleh ahli desain mencapai 87%, dan ahli bahasa mencapai 82%. Tanggapan dari guru melalui kuesioner mencapai 90,7%, sementara tanggapan dari siswa mencapai 88%. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan memiliki tingkat validitas yang tinggi dan sangat sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS di kelas IV SD

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alwi, M., & Kudsiah, M. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Observasi Pada Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPA Di Kelas IV SDN 2 Pancor. Jurnal DIDIKA; Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2549–9149. https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5831

Arianti, N. N., & Darmayanti, N. W. S. (2023). Analisis Kebutuhan Siswa Terhadap Modul Praktikum IPA Kelas 4 di SD N 1 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka , 5(1), 42. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v5i1.156

Asha, A., Halidjah, S., & Ghasha, D. A. V. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 74 Pontianak Barat. Journal on Education, 06(01), 6770–6781. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3903

BSNP. 2008. Standar Isi. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Dermawati, N., Suprata, S., & Muzakkir, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1). https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.3143

Dinatha, N. M., & Kua, M. Y. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Digital Berbasis Nature Of Science (NOS) Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Dalam Journal of Education Technology (Vol. 3, Nomor 4). HOTS. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22500

Dolo, F. X. (2019). Pengembangan Multimedia IPA Berbasis Kearifan Lokal Keris Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Universitas Negeri Yogyakarta.

Haryati, S. (2012). Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Majalah Dinamika Ilmiah.

Iliyani, S. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Ipa Melalui Metode Praktikum Berbasis Nht Di Kelas Viii Smpn 1 Mangunjaya. UNIEDU: Universal journal of educational research, 2(02), 334–342. https://doi.org/10.1234/uniedu.v2i2.81

Kua, M. Y. (2018). Kepraktisan Penerapan Model Pembelajaran Real World Problem Solving Dalam Pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 2620–6641. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/43

Kua, M. Y., Dolo, F. X., Suparmi, N. W., Gelu, A., Dhena, G. V. A., & Meme, Y. O. (2024). Interactive articulate storyline application based on real world problem and local Ngada wisdom. Journal of Research in Instructional, 4(1), 77–90. https://doi.org/10.30862/jri.v4i1.337

Kurniawati, W., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan LKPD Praktikum IPA Berbasis 5E Learning Cycle di Sekolah Dasar: Perlukah? Majalah .

Lauren, N., Kartono, K., & Salimi, A. (2023). Pengembangan LKPD Project Based Learning Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 40 Pontianak Utara. AS-SABIQUN, 5(4), 1143–1158. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i4.3666

Lawi, F. X. , Laksana, D. N. L., & Aryani, N. W. P. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kearifan Lokal Nagekeo Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Citra Pendidikan, 2(4), 2355–5106. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jcp.v2i4.930

Lestari, E. A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Eksperimen IPA Kelas V SD/MI [Universitas Islam Negeri Raden Intan]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4287

Mawlidyana, H. T., & Istianah, F. (2019). Pengembangan Lkpd Beorientasi Model Pembelajaran Kooperatif TPS Untuk Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(6).

Mulyani, S. M., Leksono, S. M., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Praktikum IPA Tema Transportasi Si-Hijau Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 7(2). https://doi.org/10.31604/eksakta.v7i2.209-220

Nashirotun, B. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPA Pada Masa Pandemi Melalui Penerapan Praktikum Sederhana di Kelas 7C MTs N 4 Klaten. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(3). https://doi.org/10.51878/science.v2i3.1547

Prabandari, L., Fuadi, D., Sumardi, S., Minsih, M., & Prastiwi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD IPA Berbasis Eksperimen Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 694–704. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26108

Purnamasari, S. (2020). Pengembangan Praktikum IPA Terpadu Tipe Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 5(2), 8–15. https://doi.org/10.24905/psej.v5i2.20

Putra, A. B. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Dalam Pembelajaran Praktikum IPA Untuk Kelas V SD [Universitas Negeri Jakarta]. http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28185

Roza, M., & Chania, R. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum pada Pembelajaran IPA di Madrasah Tsanawiyah. Natural Science, 4(2). https://doi.org/10.15548/nsc.v4i2.459

Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v13i2.959

Suherman, N. K. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Model SSC Pada Alat Optik Sederhana Sebagai Sumber Belajar Alternatif di SMP Islma Al Kautsar Kota Semarang Untuk Peserta Didik Kelas VIII. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Susanto, F., & Ayuni, I. R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe NHT dengan Strategi Pemecahan Masalah (Problem Solving) Sistematis bagi Peserta Didik SMP di Kabupaten Pringsewu. Prosiding Seminar Nasional & Internasional .

Tariani, K., Suastra, I. W., & Astawan, I. G. (2022). Pengembangan E-LKPD IPA Berbasis Catur Asrama Kelas V. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i1.563

Usmeldi, U., & Amini, R. (2021). Pelatihan Penggunaan KIT IPA dan Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum untuk Guru IPA. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.37640/japd.v1i2.1010

Wedyawati, & Lisa. (2019). Pembelajaran_IPA_Di_Sekolah_Dasar.

Wonga, R. M., Aryani, N. P. W., & Kua, M. Y. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA SMP Kelas VIII. Jurnal Citra Pendidikan, 1(4). https://doi.org/10.38048/jcp.v1i4.348


Keywords  :  
Kata Kunci: IPAS, LKPD, Practicum IPAS, LKPD, Praktikum
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-10
Cara Mengutip  :  
Dhena, G. V. A., Kua, M. Y., Dolo, F. X., & Ngurah Laba Laksana, D. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPAS BERBASIS PRAKTIKUM SEDERHANA BAGI SISWA KELAS IV SD. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 55–64. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1908
Terbitan  :