MODUL AJAR IPAS BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA FASE A SEKOLAH DASAR

Wati Fauziati ( Universitas PGRI Semarang, Indonesia )
Siti Patonah ( Universitas PGRI Semarang, Indonesia )
Sukamto ( Universitas PGRI Semarang, Indonesia )

Abstrak

Modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM masih belum banyak ditemukan pada kurikulum merdeka terutama di kelas rendah sekolah dasar. Modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM dapat membantu memfasilitasi siswa untuk belajar dengan pendekatan baru sehingga dapat meningkatkan kemampuan bertanya bagi siswa. Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat validitas modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM pada materi Perilaku Hidup Sehat untuk meningkatkan kemampuan bertanya siswa fase A. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki tahapan berupa analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian dilakukan di SDN 1 Tanjungmojo dengan objek penelitian 41 siswa kelas II dengan rincian 22 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Metode pengumpulan data melalui wawancara, angket, tes, dan observasi. Analisis validasi modul ajar dilakukan menggunakan Indeks Aiken. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa modul ajar IPAS berbasis pendekatan STEM pada materi perilaku hidup sehat pada tahap validasi memperoleh hasil 0,96 pada komponen modul ajar, 0,98 pada validasi materi, dan 0,97 pada validasi bahasa. Hal ini menunjukkan bahwa validitas modul ajar IPAS berbasis STEM pada materi perilaku hidup sehat memenuhi kriteria tinggi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran IPAS fase A sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amin, Muhammad. 2021. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa dengan Pola Berjenjang dalam Pembelajaran PPKN di Kelas X IPA 3 SMA Negeri 2 Dompu Tahun Pembelajaran 2019/2020.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 2 (1): 1–7. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i1.18

Ariyatun, Ariyatun, dan Dissa Feby Octavianelis. 2020. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” JEC: Journal of Educational Chemistry 2 (1): 33. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.1.5434

Ayu Sri Wahyuni. 2022. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan MIPA 12 (2): 118–26. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Barlian, Ujang Cepi, Siti Solekah, & Puji Rahayu. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118. https://doi.org/10.53625/joel.v1i12.3015.

Davidi, Elisabeth Irma Novianti, Eliterius Sennen, dan Kanisius Supardi. 2021. “Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 11 (1): 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22

Dianti, Seotiani Ayu Tri, Stephani Diah Pamelasari, dan Risa Dwita Hardianti. 2023. “Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan STEM terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa.” Seminar Nasional IPA XIII, 432–42.

Hafizo, Rina, dan Bukman Lian. 2022. Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar”. Journal on Teacher Education 4 (20): 202–11. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5644

Ilham Farid, Reka Yulianti, & Tatu Hilaiyah. 2023. “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa.” ScienceEdu 6 (1): 55. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40019

Manopo, Dina Rahmadani S. 2023. “Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran IPS dI SD” 1 (1): 1–6. https://doi.org/10.57251/ie.v3i1.893

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. “Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran,” 112.

Ndiung, Sabina, Mariana Jediut, dan Fransiskus Nendi. 2023. “Kebutuhan Modul Ajar Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar.” Mimbar PGSD Undiksha 11 (1): 157–64. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.48005

Nur Laela Dewi, Sukamto, Dina Prasetyowati. 2023. “Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar.” Asesmen Diagnostik 09: 02. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1127

Nurlatifah, Siti Sofia, Retno Triwoelandari, Suyud Arif, Pendidikan Guru, Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Ibn, Khaldun Bogor, dan Rasa Ingin Tahu. 2023. “Kelayakan Modul Pembelajaran IPA Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Karakter” 8 (1). https://doi.org/10.30998/sap.v8i1.14022

Patonah, Siti, dan Lia Fitriani. 2023. “DIKDAS MATAPPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Pengembangan Instrumen Soal IPA SD Berbasis STEM” 6 (3): 640–47.

Pranoto, Aditya, dan Muhammad Zakariyah. 2023. “Peran Augmented Reality dalam Memperkenalkan Organ Pencernaan Manusia pada Anak Sekolah Dasar” 4 (3): 1235–44. https://doi.org/10.30865/klik.v4i3.1441

Rahmayanti, Dita, Djoko Hari Supriyanto, dan Tri Wardati Khusniyah. 2022. “Pengaruh Keaktifan Bertanya Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Holistika 6 (1): 34. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.34-40

Riyanto, Rahmat Fauzi, Imam Ma’arif Syah, dan Ujang Buchori Muslim. 2021. Model STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) dalam Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53.

Setyawan, Bintoro. 2019. “AUGMENTED REALITY DALAM” 07 (01): 78–90. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Supriatna, Irfan. 2019. Analisis Kemampuan Bertanya Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik di SDN 60 Kota Bengkulu.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 2 (2): 10–27. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v2i2.137

Wahyuni, Ni Putu. 2021. “Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 5 (1): 109–17. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.86-95


Keywords  :  
Kata Kunci: Modul Ajar, IPAS, STEM, Kemampuan Bertanya, Fase A, Sekolah Dasar Teaching Module, IPAS, STEM, Questioning Skills, Phase A, Elementary School
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-10
Cara Mengutip  :  
Wati Fauziati, Siti Patonah, & Sukamto. (2024). MODUL AJAR IPAS BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA FASE A SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 24–31. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1905
Terbitan  :