PENERAPAN EDUPING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Wira Neni Setyaningrum ( Universitas Muria Kudus, Indonesia )
Khamdun ( Universitas Muria Kudus, Indonesia )
Siti Masfuah ( Universitas Muria Kudus, Indonesia )

Abstrak

Kemahiran tingkat tinggi dalam memecahkan masalah secara metodis merupakan komponen berpikir kritis. Dengan menggunakan EDUPING (E-Module berbasis Mind Mapping) yang dipadukan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bermaksud untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran tematik di kelas VI sebuah sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan tata letak pre-experiment dan one-group pretest-posttest. Penelitian ini melibatkan 27 partisipan yang semuanya merupakan siswa kelas VI SD N 3 Terban. Karena merupakan sampel jenuh, maka besarnya sampel sebanding dengan populasi. Ujian tertulis berfungsi sebagai alat penelitian. Hasilnya diperiksa dengan uji N-gain. Berdasarkan hasil uji rata-rata uji N-Gain diperoleh sebesar 0,37 yang termasuk kategori sedang dan uji peningkatan menggunakan paired-samples t-test nilai sig (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat peningkatan menggunakan EDUPING (E-Modul berbasis Mind Mapping) dengan model pembelajaran cooperative learning dalam materi arus listrik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asrin, A. (2022). Metode Penelitian Eksperimen. Jurnal Maqasiduna: Ilmu Humaniora, Pendidikan & Ilmu Sosial, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.59174/mqs.v2i01.24

Astriany, N. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Mind Map Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Bekasi Utara. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 177. https://doi.org/10.21009/JPD.061.15

Facione, P. a. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.). https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

Hamdani, M., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(Kartimi), 139–145. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38412/25445

Hengkang Bara Saputro, S. (2015). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 61–71. https://doi.org/10.1016/S0002-9378(15)30176-9

Lase, N. K. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping Pada Mata Kuliah Genetika. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 903–911. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2976

Ningsih, J. T., & Andari, K. D. W. (2020). Pengaruh Model Student Teams-Achievement Divisions (Stad) Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Biopedagogia, 2(2), 107–119.https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v2i2.1725

Nurul Huda Panggabean, Amir Danis, & Nadriyah. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran Ipa Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 204–218. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1177

Prasetyawati, V. (2021). METODE COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HASIL BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Epistema, 2(02), 90–99. https://doi.org/10.21831/ep.v2i2.41275

Prasetyo, T. (2017). Pengembangan Perangkat Penilaian Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik- Integratif Kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 102–111. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7528

Sinaga, D. (2014). Statistik Dasar. In Buku Ajar Statistik Dasar (Issue 02, pp. 1–64). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sukmawati. (2020). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar / Sukmawati /2020 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 1–15.

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142

Wangsa, G. N. A. S., Dantes, N., Suastra, I. W., Studi, P., Dasar, P., & Ganesha, U. (2021). DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD GUGUS IV KECAMATAN Program Studi Pendidikan Dasar UniversitasPendidikan Ganesha. 5(1), 139–150. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.267


Keywords  :  
Kata Kunci: Berpikir Kritis, EDUPING, Cooperative Learning Critical Thinking, EDUPING, Cooperative Learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-10
Cara Mengutip  :  
Setyaningrum, W. N., Khamdun, & Masfuah, S. (2024). PENERAPAN EDUPING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 41–48. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1842
Terbitan  :