MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAKAN DASAR TENIS MEJA MELALUI MODIVIKASI ALAT MEDIA DINDING DI KELAS V SD NEGERI 115/II BEDARO
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi proses belajar-mengajar yang bersifat klasikal akan menghadapi permasalahan yang heterogen terhadap kemampuan siswa. Dimana kurangnya kreatifitas seorang guru pendidikan jasmani di dalam mengemas materi pembelajaran pendidikan jasmani dianggap sebagai penyebabnya, sehingga banyak dari siswa yang tidak tuntas nilai KKM. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui penerapan modivikasi alat media dinding untuk meningkatkan hasil belajar gerakan dasar tenis meja di kelas V SD Negeri 115/II Bedaro.
Penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 115/II Bedaro, yang berjumlah 22 siswa. Data hasil pembelajaran tenis meja diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran tenis meja dengan metode modivikasi media dinding.
Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan penilaian tiga aspek yaitu psikomotor, afektif, dan kognitif. Pembelajaran tenis meja melalui media dinding dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 115/II Bedaro. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar dari pra siklus, siklus I ke siklus II. Pada pra siklus yaitu 68.2 %, siklus I yaitu 71.8 %, dan siklus II yaitu 83.3 %. Dari jumlah kategori tuntas jumlah siswa yang tuntas adalah meningkat dari 7 menjadi 20 siswa pada siklus II, artinya terjadi peningkatan siswa dalam kategori tuntas sebesar 20.7 % dari jumlah siswa 22 orang 20 diantaranya dinyatakan tuntas. Bagi guru pendidikan jasmani di Sekolah Dasar dapat menerapakan pembelajaran tenis meja pada materi menggunakan alat modivikasi media dinding dalam pelajaran Pendidikan Jasmani.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan penabur, 7(10), 11-21.Damiri, A., & Kusmaedi, N. (1992). Olahraga Pilihan Tenis Meja. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat JendraI Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. (Inovatif). Bandung : Yrama Widya
Degeng, I. 2003. Belajar Dan Pembelajaran Bahan Mengajar. Malang : Depdiknas UM FIP.
Undang-undang RI. Nomor. 25 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2019-10-10
|
Cara Mengutip | : |
MORI SAPUTRA, D. I., & Subhan, M. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAKAN DASAR TENIS MEJA MELALUI MODIVIKASI ALAT MEDIA DINDING DI KELAS V SD NEGERI 115/II BEDARO. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 445–454. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.182
|
Terbitan | : |