MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR MANIPULATIF BAGI ANAK MELALUI PERMAINAN OLAHRAGA DI TAMAN KANAK-KANAK

Jhony Hendra ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Ghazali Indra Putra ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )

Abstrak

Permainan olahraga merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, melalui pendidikan jasmani manusia dapat belajar lebih banyak dari hal yang berhubungan dengan afektif, kognitif, dan psikomotor yang merupakan bekal manusia untuk mencapai tujuan hidup yang lebih baik. Keterampilan manipulatif adalah suatu kegiatan anak yang berhubungan dengan benda di luar dirinya yang harus dimanipulasi sedemikian rupa sehingga terbentuk satu keterampilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan keterampilan gerak dasar manipulatif bagi anak melalui permainan olahraga pada aspek melempar, menangkap, menendang dan menggiring bola. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif (studi kasus) melibatkan 3 orang guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen analisis. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan keterampilan gerak dasar manipulatif bagi anak melalui permainan olahraga adalah sebagai berikut: 1) menyediakan alat atau bahan yang menarik perhatian anak dalam mengembangkan keterampilan gerak dasar manipulatif melalui permainan olahraga, 2) memberikan arahan dan contoh pada anak dalam mengembangkan keterampilan gerak dasar manipulatif melalui permainan lahraga, 3) mengamati anak saat proses kegiatan mengembangkan keterampilan gerak dasar manipulatif melalui permainan olahraga.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hidayat, Arif. 2017. Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Volume 9 Nomor 2, hal 21-29.

Ikee dkk. 2016. Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Menggunakan Metode Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas III C SDN Krian 3 Kabupaten Sidoarjo Pendidikan Jasmani, Volume 26, Nomor 02, Tahun 2016

Julianur. 2017. Pengaruh Metode Permainan dan Intelligence Quotient (IQ) terhadap Kemampuan Gerak Dasar Manipulatif pada Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). JPES 6 (2) (2017)

Kurniawan, Rama. 2018. Analisis Gerak Dasar Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 12 Edisi 2, November 2018 E-ISSN:2503-0566

Mirawati, Eva Rahmawati. 2017. Permainan Modifikasi untuk Stimulasi Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Anak Usia 2-4 Tahun. Early Childhood Vol. 1 No. 2, November 2017

Pramono, dkk. 2010. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Perbukuan Kemendiknas.

Siahaan, Jonni. 2015. Perbedaan Hasil Belajar Kemampuan Gerak Dasar Melempar dan Koordinasi Kelincahan melalui Pembelajaran Bola Tangan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 22, Nomor 2, Oktober 2015

Sujiono, Bambang, dkk. 2007. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sulistiyani, Budi. 2016. Meningkatkan Kemampuan Gerak Manipulatif Melalui Menggiring Bola pada Anak Kelompok A di TK Aba Tlogolelo Kokap Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 9 Tahun ke-5 2016.

Suyantini, Iis. 2013. Peningkatan Gerak Manipulatif Melalui Permainan Bola Beranting pada Anak Usia 5-6 Tahun. Artikel Penelitian. PG PAUD, FKIP Universitas Tanjung Pura, Pontianak

Syarifuddin, A. & Muhadi. 1992. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.


Keywords  :  
Kata Kunci: gerak dasar manipulatif, permainan olahraga manipulative basic motion, sports game
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-10-10
Cara Mengutip  :  
Hendra, J., & Putra, G. I. (2019). MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR MANIPULATIF BAGI ANAK MELALUI PERMAINAN OLAHRAGA DI TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 438–444. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.181
Terbitan  :