INTEGRASI KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM MODUL SOCIOLINGUISTICS: KETERAMPILAN 4C (COLLABORATION, COMMUNICATION, CRITICAL THINKING, DAN CREATIVITY)

Winda Winda Trisnawati ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Arini Kumala Sari ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )

Abstrak

Mempersiapkan mahasiswa abad ke-21 untuk dapat bersaing di masa depan, pendidik di seluruh dunia mempromosikan beberapa keterampilan untuk menghadapi tantangan perkembangan abad ke-21. Mahasiswa membutuhkan keterampilan abad ke-21 yang dikenal sebagai 4C yaitu critical thinking (berpikir kritis), collaboration (kolaborasi), communication (komunikasi), dan creativity (kreatifitas). Mengintegrasikan keterampilan abad ke-21 dalam proses pembelajaran secara efektif menjadi sangat penting. Salah satu bahan ajar yang dibutuhkan adalah modul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul Sosiolinguistics yang terintegrasi pada keterampilan abad ke-21 yang berfokus pada keterampilan 4C. Kemudian mengetahui kelayakan modul sebagai bahan ajar untuk mahasiswa di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dibagi menjadi dua, yaitu persiapan dan implementasi. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa semester lima tahun akademik 2019/2020 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan rekapitulasi aspek-aspek penilaian dari berbagai valiadasi ahli, dosen sociolinguistics,lembar kuesioner mahasiswa, dan lembang observasi. Berikut merupakan persentasenya: kelayakan modul yang meliputi hasil validasi ahli materi sebesar 61.3% (kategori baik); hasil validasi ahli media sebesar 75.8% (kategori baik sekali); hasil evaluasi diri modul oleh dosen sebesar 90% (kategori baik sekali); hasil lembar observasi uji coba lapangan sebesar 78.9% (kategori baik sekali); dan hasil lembar kuesioner mahasiswa sebesar 76.3% (kategori baik sekali). Maka modul sociolinguistics yang terintegrasi keterampilan 4C ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Boholano, H.B. 2017. Smart Social Networking: 21st Century Teaching and Learning Skill. Research in Pedagogy, Vol.7, Issue 1, pp 21 – 29.

Chaer, A. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudijono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mahanal, S. 2009. Pengaruh Perangkat Pembelajaran Deteksi Kualitas Sungai Dengan Indikator Biologi Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Di Kota Malang. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana (S3) Universitas Negeri Malang

Plomp, T., & Nieveen, N. (Eds). 2013. Educational design research-part A: An introduction. Enschede, the Netherlands: SLO. free access at http://international.slo.nl/edr.

Sirate, S. F. dan Risky, R..2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi.Vol.VI, No.2.

Sugiyono. 2012. Metode Peneltian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfa Beta

Sungkono, dkk. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.

Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta : Media A.

Wiyoko, Tri., Aminah, S & Adi Prayitno, B. 2018. Pengembangan Modul IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Tema Sistem Gerak Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. Inkuri: Jurnal Pendidikan IPA. Vol 7, No 3 2018 hal 428-437.


Keywords  :  
Kata Kunci: 21st skills, sociolinguistic module, 4c skills keterampilan abad ke-21, modul sosiolinguistik, keterampilan 4c
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-10-10
Cara Mengutip  :  
Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). INTEGRASI KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM MODUL SOCIOLINGUISTICS: KETERAMPILAN 4C (COLLABORATION, COMMUNICATION, CRITICAL THINKING, DAN CREATIVITY). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179
Terbitan  :