PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LIGHTENING LEARNING CLIMATE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NURUL FALAH

munengsih hanraein ( Universitas Muhammadiyah Tangerang )
Lely Lailatus Syarifah ( Universitas Muhammadiyah Tangerang )
Siti Nurliana ( Universitas Muhammadiyah Tangerang )
Puji Astutik Ningsih ( Universitas Muhammadiyah Tangerang )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Lightening The Learning Climate terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas X SMA Nurul Falah Kutabumi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen Nonequivalen Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA1 dan X IPA2 SMA Nurul Falah Kutabumi dengan jumlah 39 siswa kelas X IPA1 dan 30 siswa kelas X IPA2.  Kelas X IPA1 merupakan kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Lightening The Learning Climate sedangkan kelas X IPA2 merupakan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvesional. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi siswa dengan cara observasi (kuesioner), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan cara membandingkan skor rata-rata pretest posttest skala motivasi belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model Lightening The Learning Climate terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan skor rata-rata skala motivasi. Rata-rata skor pretest skala motivasi kelompok eksperimen yaitu 72,55, sedangkan kelompok kontrol yaitu 72,03. Rata-rata posttest skala motivasi belajar siswa kelompok eksperimen yaitu 80,89, sedangkan kelompok kontrol yaitu 75,58. Dari data tersebut terlihat rata-rata skor posttest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Selain itu hasil pengkategorian rata-rata posttest skala motivasi belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alsri Nurcahya. (n.d.). https:// m.kumparan.com > alsri-nurcahya.

Ardianto, Sigit, Satrio. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri karugan 1 plupuh tahun pelajaran, 2013/2014” . skripsi S-1 prodi PGSD) Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Djamarah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta., 34.

Djamarah, Syaiful, Bahri, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Marzuki. 2001. Metodologi Riset. Yogyakarta : BPEE UII

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Rosdakarya.

Rifka Anisaunnafi’ah. 2015. Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Grojogan Tamanan Banguntapan Bantul. Skripsi S-1 Prodi PGSD) : Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi Mixed Methods. Bandung : Alfabeta


Keywords  :  
Kata Kunci: Model Lightening The Learning Climate, Motivasi, Matematika Lightening The Learning Climate Model, Motivation, Mathematic
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-10-10
Cara Mengutip  :  
hanraein, munengsih, Syarifah, L. L., Nurliana, S., & Ningsih, P. A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LIGHTENING LEARNING CLIMATE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NURUL FALAH. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 398–407. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.175
Terbitan  :