TELAAH PENERAPAN TRI-N (NITENI, NIROKKE, NAMBAHI) PADA BUKU BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP

Study

Siwi Damayanti ( Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )
Siti Rochmiyati ( Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan proses (1) niteni, (2) nirokke, dan (3) nambahi dalam buku teks siswa bahasa Indonesia Kelas IX SMP Kurikulum 2013. Niteni adalah menandai dengan memperhatikan secara saksama dan menggunakan seluruh indera, melalui proses: mengamati menggunakan indera penglihatan, indera pendengaran, indera penciuman, indera peraba, indera pengecap, menggali informasi lebih dalam dari hasil pengamatan, dan menalar dengan menghubungkan pengetahuan yang sudah dimiliki dari hasil galian. Nirokke adalah menirukan apa yang diajarkan melalui model/contoh/teladan dari guru/sumber belajar dengan melibatkan pikiran, penginderaan, perasaan/nurani dan spiritual secara integral dan harmonis, melalui prose: menirukan dengan melafalkan/melalui suara, menirukan dengan membaca, menirukan dengan menulis, menirukan melalui gerakan, menirukan dengan mencoba/eksperimen, menirukan dengan mendemonstrasikan/mempraktikkan, menirukan menirukan dengan menyajikan. Nambahi adalah menambah atau mengurangi apa yang telah dipelajarinya melalui model/contoh/teladan dari guru/sumber belajar dengan mengembangkan krativitas dan gagasannya, melalui proses: menambahi dengan mendesain, menambahi dengan mencipta/membuat, dan menambahi dengan mengimprovisasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini berupa kata, frasa, kalimat, paragraf, dan atau wacana yang memuat konten-konten tentang penerapan proses niteni, nirokke, dan nambahi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan proses niteni, nirokke, dan nambahi terdapat dalam buku teks.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bartolomeus, Samho. 2013. Visi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Yogyakarta: Kanisius.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Pedoman Penulisan Buku Pelajaran: Penjelasan Standar Mutu Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Irsyada, Roas. 2016. Analisis Isi dan Kelayakan Penyajian Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran Penjasorkes Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Physical Education, Health, and Sport. Hal. 121-126.

Prihatni, Yuli. 2014. “Pendekatan Saintifik dalam Ajaran Ki Hadjar Dewantara”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. (Vo. 2 Nomor 1). Hal. 280-300.

Raharjo, Hermawan Pamot. 2015. “Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Membentuk Karakter Positf Anak”. Journal of Physical Education, Health and Sport. Hal. 28-31.

Rahardjo. Suparto. 2009. Ki Hadjar Dewantara: Biografi Singkat 1889-1959. Yogyakarta: Garasi.

Rahayu, Indah. 2018. Penerapan Konsep 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatsia.

Rochmiyati, Siti. 2015. Kebijakan Pendidikan Bahasa Indonesia dalam Perspektif Pendidikan Nasional. CARAKA Vol. 1, No.2 Hal. 3-13.

Setiawan, Dika. 2017. Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Of Basic Education Vol. 01 No. 02. Hal. 34-46.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakary.

Sumiyati. 2018. Pengaruh Konsep 3N ‘Niteni, Nirokke, Nambahi’ terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Keaktifan Siswa Kelas X SMK. Prosiding Seminar Nasional Etnomatsia


Keywords  :  
Kata Kunci: niteni, nirokke, nambahi niteni, nirokke, nambahi
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-10-10
Cara Mengutip  :  
Damayanti, S., & Rochmiyati, S. (2019). TELAAH PENERAPAN TRI-N (NITENI, NIROKKE, NAMBAHI) PADA BUKU BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP: Study. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 388–397. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.174
Terbitan  :