DETERMINAN MINAT MAHASISWA MENJADI GURU

Caubita Valentin ( Universitas PGRI Madiun )
Satrijo Budiwibowo ( Universitas PGRI Madiun )
Nur Wahyuning Sulistyowati ( Universitas PGRI Madiun )

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Swasta di Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah lingkungan keluarga, microo teaching, magang III berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi guru, terbukti dengan adanya motivasi yang diberikan serta keadaan ekonomi dalam lingkungan keluarga, kemampuan pengelolaan kelas dalam microo teaching, serta kegiatan mengajar dan non mengajar yang ada dalam magang III

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ambarawati, M. 2016. Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika Pada MataKuliah Micro Teaching. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 81–90.

Anis, A., & Latifah, L. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 232–240.

Ardyani, A., & Latifah, L. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 232–240.

Baharun, H. 2016. Pendidikan Anak Dalam Keluarga; Telaah Epistemologis. Pedagogik;Pendidikan Anak, 3(2), 96–107.

Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, B. 2016. Analisis Keterlaksanaan Program Perkuliahan Micro Teaching Berbasis Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UM Metro. Historia, 4(2), 75–80.

Khasbulloh, M. N. 2018. Relevansi Sikap Dan Minat Mahasiswa Dengan Kesiapan Menjadi Guru Profesional Pada Jurusan Pendidikan Aagama Islam IAIN Kediri: Sebuah Analisis Multiple Linear Regression, (14), 103–113.

Muhammad, W., Susilaningsih, & Elvia, I. 2016. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Pada Prodi Pendidikan Aakuntansi FKIP UNS. Jurnal “Tata Arta” UNS, 2(1), 12–25.

Ningrum, P, K., Susilaningsih, & Sumaryati, S. 2013. Hubungan Antara Minat Menjadi Guru Dan Lingkungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNS, 2(1), 59–71.

Novitasari, F., Ngadiman, & S, S. 2013. Pengaruh Program Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Mahasiswa Prodi Ekonomi FKIP UNS Menjadi Tenaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan UNS, 1(2), 1–13.

Nurcahyo, R. W. 2015. Praktik Pengalaman Lapangan Dan Dampaknya Terhadap Kompetensi Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika dan Komputer. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 236–247.

Nurmala, S. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Untuk Melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kependidikan, 42(2), 162–172.

Prastyono, & Susanto, A. 2016. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Pendidikan Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo, 8(2), 166–171.

Saputro, H., & Talan, Y. O. 2018. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1–8.

Sari, D. R. C. 2018. Pengaruh Pengalaman PPP, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. JUPE, 6(3), 161–168.

Setiawan, D., & Sukanti. 2016. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Profita, 4(7), 1–12.

Simamora, E. F., Achmadi, & Okiana. 2015. Pengaruh PPL Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Di Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Profita Kajian Ilmu Akuntansi, 4(7), 1–12.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyudin, & Sutikno. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 58–62.

Wildan, M., Susilaningsih, & E, I. 2016. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Pada Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Tata Arta, Vol 2(2), 12–25.

Yetti, R. 2009. Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau Dari Pendekatan Stres Lingkungan, 9(1), 17–28.

Yulaini, E. 2018. Hubungan Pemahaman Profesi Kependidikan Dengan Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Palembang, 5(1), 59–70.

Yulianto, A., & Khafid, M. 2016. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 100–114.


Keywords  :  
Kata Kunci: Lingkungan, Microo teaching, Magang III, Minat Environment, Micro Teaching, Internship III, Interest
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-10-10
Cara Mengutip  :  
Valentin, C., Budiwibowo, S., & Sulistyowati, N. W. (2019). DETERMINAN MINAT MAHASISWA MENJADI GURU. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 366–378. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.173
Terbitan  :