PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-BOOK MATEMATIKA MELALUI SOAL CERITA BERNUANSA ISLAMI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TINGKAT SD

Yulia Rahmawati ( Universitas Muhammadiyah Tangerang )
Muhammad Arie Firmansyah ( Universitas Muhammadiyah Tangerang )
Indriana Putri Galuh ( Universitas Muhammadiyah Tangerang )
Hani Nurbaiti ( Universitas Muhammadiyah Tangerang )

Abstrak

Penelitian pengembangan bahan ajar E-book matematika bernuansa islami di tingkat SD diharapkan dapat membantu siswa dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Selain itu E-book matematika bernuansa islami lebih efektif digunakan dalam pembelajaran matematika dan menjadi salah satu inovasi sebagai media pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan (ADDIE). Subjek pada penelitian ini adalah kelas IV A berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan data pretest dan posttest serta metode angket untuk mengetahui penilaian E-book matematika bernuansa islami terhadap pemahaman konsep tingkat SD yang dilakukan oleh validator materi, media dan fiqih islam. Berdasarkan hasil penelitian dari data pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Maka ada perbedaan hasil belajar menggunakan E-book matematika bernuansa islami terhadap pemahaman konsep siswa. Serta E-book matematika bernuansa islami memenuhi kriteria efektif digunakan dalam pembelajaran berdasarkan test hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 67% yang termasuk dalam kriteria baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akhmad Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung

Bayani, Alfian. 2019. Pengembangan E-book Matematika Berbasis Masalah Pada Materi Kubus Dan Balok SMP/MTS kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) Volume 5, Nomor 1, Februari 2019, Halaman 7–15

Jacobsen, D. A., Eggen, Paul, & Kauchak, Donald. 2009. Methods for teaching (metode-metode pengajaran) : Meningkatkan belajar siswa tk-sma. (Terjemahan Achmad Fawaid & Khoirul Anam). Pustaka Pelajar Yogyakarta. 2009.

Kemdikbud. 2013. Tentang implementasi kurikulum 2013 untuk peningkatan mutu pendidikan Indonesia.

Mendiknas. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia no.58 tahun 2015 tentang penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah Atau Bentuk Lain Yang Sederajat. Jakarta.

Misdalina, Zulkardi dan Purwoko. 2009. Pengembangan Materi Integral Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Palembang

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Winkel WS, 2000. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia

Wiyoko, Tri. 2017. Efektifitas Modul IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Tema Sistem Gerak Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek II (SNPBS UMS) Tahun 2017 Hal 514-522


Keywords  :  
Kata Kunci: E-book, bernuansa islami, pemahaman konsep E-book, Islamic nuance, concept learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-10-10
Cara Mengutip  :  
Rahmawati, Y., Firmansyah, M. A., Galuh, I. P., & Nurbaiti, H. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-BOOK MATEMATIKA MELALUI SOAL CERITA BERNUANSA ISLAMI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TINGKAT SD. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 379–387. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.168
Terbitan  :