EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENGINTERPRETASI TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NANGGULAN

Sherli Sherli Rahmawati ( Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta )

Abstrak

Tujuan penelitian ini secara deskriptif ada dua, yaitu untuk mendeskripsikan sejauh mana kecenderungan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menginterpretasi teks drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Nanggulan yang pembelajarannya menggunakan model jigsaw dan model diskusi konvensional. Secara komparatif untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara penggunaan model jigsaw dan model diskusi konvensional terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menginterpretasi teks drama. Populasi penelitian ini berjumlah 192 peserta didik. Sampel penelitian dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian validitas dan reliabilitas. Hasil uji prasyarat analisis sebaran nilai berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian meningkatkan siswa secara deskriptif distribusi pada mengidentifikasi unsur-unsur dan menginterpretasi teks drama dengan model jigsaw rerata 29,41 berkategori sangat tinggi dan dengan model diskusi konvensional rerata 28,03 berkategori juga sangat tinggi. Secara komparataif thitung adalah 2,758 dan ttabel 1,998 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya.

Dewi, Septa Mustika. 2014. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pembelajaran Membaca Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sutera. Artikel Ilmiah. Padang: STKIP PGRI Sumatera Barat.

Harymawan, R.M.A. 1993. Dramaturgi. Bandung: PT Remaja.

Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia SMP/MTS kelas VIII: buku siswa, Jakarta: Pusat Buku dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Lie, Anita. 2008. Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Majid, Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rochmiyati, Siti & Ermawati. 2015. Peningkatan Keterampilan Mendengarkan Dengan Pembelajaran Tipe Jigsaw Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pleret Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Caraka Vol. 2 No. 1

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Santosa, Wijaya Heru. 2018. Peningkatan Kompetensi Analisis Data Kuantitatif Pada Mahasiswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw II. Jurnal Caraka (Vol.4 No. 2) Hlm. 1-15.

Suroso. 2015. Drama, Teori, dan Praktik Pementasan. Yogyakarta: Elmatera Publisher.

Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka


Keywords  :  
Kata Kunci: model jigsaw, identifikasi, interpretasi, teks drama jigsaw model, identification, interpretation, drama text
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-10-10
Cara Mengutip  :  
Rahmawati, S. S. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENGINTERPRETASI TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NANGGULAN. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 408–417. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.158
Terbitan  :