KEEFEKTIVAN PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR

Cris Ayu Setyaningsih ( STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung )
Novia Rozanti ( STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung )
Galuh Andini ( STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung )
Taufik Hidayat ( STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media realia  terhadap hasil belajar IPA di sekolah dasar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design, yaitu dengan melihat perbedaan pre-test maupun post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas IV SDN 2 Pringsewu Timur dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Analisis data dilakukan melalui uji-t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol (tingkat signifikansi p=0,006). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media realia efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SDN 2 Pringsewu Timur.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aqib, Z. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Asyar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Burhanuddin. 2009. Media. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemerdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa.

Hake, R. R. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Paper presented at Physics Education Research Conference. Boise, Idaho.

Hermawan,H. 2007. Media Pembelajaran SD. Bandung: UPI Press.

Ibrahim & Syaodih, N. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ikawati, A. 2010. Penggunaan Media Realia dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Luas dan Keliling Bangun Datar pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Ngadiluwih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010. (skripsi). Program Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Lastari, K. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas III di MI Al-Adli Palembang. (skripsi). Program Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Palembang: Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

Lestari, N., & Mustika, E. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didikpada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Negeri Setia Darma 03 Tambun Selatan. Pedagogik (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), Vol 2 No 2 Tahun 2014 Hal 1-8.

Nasution, A. S., & Wulan, D. A. 2017. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Benda Realia Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, Vol 2 No 1 Tahun 2017 Hal 123-129.

Patty, A. A. 2007. Pemanfaatan Media Realia dalam Bidang Studi Sains Biologi. (skripsi). Bandung: tidak diterbitkan.

Pramita, I. 2014. Penggunaan Penggunaan Media Konkret Pada Mata Pelajaran MatematikaTerhadap Hasil Belajar Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Teladan Palembang (skripsi). Program Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Palembang: Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

Pujita, 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sadiman, A. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sapriati. 2014. Pembelajaran IPA di SD. Tangerang: Universitas Terbuka.

Solihatin, E. 2014. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, N. & Rivai, A. 2015. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susilawati. 2013. Penggunaan Media Visual Realia Melalui Alat Peraga Alamiah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Bagian-Bagian Tumbuhan di kelas IV MI AN-NUUR Palembang. (skripsi). Program Sarjana Pendidikan Islam. Palembang: Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

Suyono & Hariyanto. 2017. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wati, E. R. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Surabaya: Kata Pena.


Keywords  :  
Kata Kunci: Keefektivan, Media Realia, Hasil Belajar IPA Effectiveness, realia media, science learning outcomes
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-10-10
Cara Mengutip  :  
Setyaningsih, C. A., Rozanti, N., Andini, G., & Hidayat, T. (2019). KEEFEKTIVAN PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 321–331. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.154
Terbitan  :