PENGARUH TEKNOLOGI DIGITAL PADA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

sundahry sundahry ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Fachruddiansyah Muslim ( Universitas Jambi )
Ade Kusmana ( Universitas Jambi )

Abstrak

Pada era teknologi digital di zaman sekarang perkembangan teknologi tidak bisa dihindari. Teknologi juga memberikan pengaruh positif dan negatif bagi peserta didik di Sekolah dasar. Pengaruh negatif dari teknologi akan berdampak pada karakter peserta didik, tentunya disini peran orang tua dan guru perlu diharapkan agar peserta didik tidak terkena pengaruh negatif dari penggunaan teknologi. Metode penelitian yang digunakan penelitian kualitatif yang berarti penulis hanya menggunakan teori jurnal sebagai referensi dalam penulisan artikel ini. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh era digital teknologi pada pembentukan karakter peserta didik di Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa di era teknolgi digital saat ini sangat mempengaruhi pembentukan karakter peserta didik yang berdampak negatif khususnya pada peserta didik sekolah dasar menyebabkan peserta didik menjadi kecanduan bermain gadget dan mengakses internet sehingga dapat menghabiskan waktu hanya untuk bermain gadget. Hal Ini menyebabkan tidak tercukupinya dalam melaksanakan kegiatan yang lain seperti belajar dan bermain dengan teman-teman sebayanya dan juga berdampak pada tumbuh kembang anak dan gangguan penglihatan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afrizal, S. et al. (2020) ‘Perubahan Sosial pada Budaya Digital dalam Pendidikan Karakter Anak’, in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, pp. 429–436. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/9965

Annisa, M. N., Wiliah, A. and Rahmawati, N. (2020) ‘Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital’, Bintang, 2(1), pp. 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/558

Anshori, S. (2018) ‘Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran’, Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1). Retrieved from http://194.59.165.171/index.php/CC/article/view/70

Arissah, E. (2018) ‘Peran Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Sikap Disiplin anak Sekolah dasar di Era Digital’, Jurnal Universitas jambi, pp. 4–6.

Azzahra, Z. P. A., Furnamasari, Y. F. and Dewi, D. A. (2021) ‘Pengaruh teknologi digital terhadap persatuan dan kesatuan bangsa indonesia’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), pp. 9231–9240. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2453

Cahyanti, F. U. (2021) ‘Pentingnya menanamkan pendidikan karakter pada anak sekolah dasar dizaman serba digital’. https://osf.io/vumxn/download

Dewi, D. A. et al. (2021) ‘Menumbuhkan karakter siswa melalui pemanfaatan literasi digital’, Jurnal Basicedu, 5(6), pp. 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Fauziah, E. et al. (2021) ‘Peran Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa SDN 3 Klangenan’, Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0”. e-journal. umc. ac. id, pp. 408–414.

Halwa, H. (2021) ‘Pentingnya pendidikan karakter pada siswa tingkat sekolah dasar di zaman serba digital’. https://doi.org/10.31219/osf.io/4gxne

Iswantiningtyas, V. and Wulansari, W. (2018) ‘Pentingnya penilaian pendidikan karakter anak usia dini’, Proceedings of the ICECRS, 1(3), p. v1i3-1396. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396

Kezia, P. N. (2021) ‘Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), pp. 2941–2946. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1322

Misbahruddin, A. (2014) ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Oleh Rumah Tangga Untuk Kehidupan Sehari-Hari Information And Communication Technology (Ict) Utilization By The Household For Daily Activity’, Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 18(1), pp. 1–16. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v18i1.7

Putra, Y. I. et al. (2022) KONSEP INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER. Penerbit Lakeisha.

Putri, D. P. (2018) ‘Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital’, AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), pp. 37–50. oai:ojs.journal.staincurup.ac.id:article/439

Sahronih, S. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Degradasi Moral Anak Sekolah Dasar Di Era Digital’, in Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar

Sapan, A. et al. (2023) ‘Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Meminimalisir Pengaruh Negatif Teknologi Era Digital’, Journal on Education, 6(1), pp. 3162–3167. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3363

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods).Bandung: Alfabeta.

Triana, K. A., Cipta, N. H. and Rokmanah, S. (2023) ‘Pengaruh Kemajuan Teknologi terhadap Perkembangan Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), pp. 24623–24627. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10507

Tsoraya, N. D. et al. (2023) ‘Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital’, Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), pp. 7–12. https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i01.4

Zidniyati, Z. (2019) ‘Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4.0’, Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), pp. 41–58. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i1.199


Keywords  :  
Kata Kunci: Teknologi Digital, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar Digital Technology, Character Education, Elementary School
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
sundahry, sundahry, Muslim, F., & Kusmana, A. (2023). PENGARUH TEKNOLOGI DIGITAL PADA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 410–418. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1534
Terbitan  :