PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS V SD
Abstrak
Penelitian ini berawal dari masalah jarangnya guru mengajukan pertanyaan, kurangnya aktivitas dalam pembelajaran, jarangnya siswa mengajukan pendapat serta jarangnya siswa bertanya dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 105/II Rambah berjumlah 35 orang. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini teridiri dari dua siklus yang setiap siklus teridiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Hasil penelitian ini terlihat dari aktivitas visual, oral dan mental siswa, pada siklus I adapun hasil penelitian ini difokuskan pada aktivitas yaitu (1) membuat percobaan/soal (2) bertanya dan menjawab pertanyaan (3) berdiskusi (4) mengemukakan pendapat (5) memecahkan soal, memperoleh rata-rata pada siklus I 93%. Sedangkan kan pada siklus II dengan rata-rata 97,9%. Hal ini juga telihat pada ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 20 siswa (57%) yang tuntas, dan 15 siswa (43%) yang tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat yaitu 30 siswa (85%) yang tuntas, dan 5 siswa (15%) yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V.
Unduhan
Referensi
A. (2016). Pengertian belajar mengajar. 9–68.
Agustin, M., Yensy, N. A., & Rusdi, R. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Di Smp Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 66–72.
Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013).
Kristarini, N. P. I., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 5(2), 1–10.
Pagarra, H. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas V Sdn Kakatua Kecamatan Marisokota Makassar. Publikasi Pendidikan, 6(3).
Pendidikan, J., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., & Semarang, U. N. (2020). Keefektifan Model Problem Based.
Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome. Invotek, 17(1), 73–80.
Purnamasari, M., Isman, J., Damayanti, A., & Ismah, I. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas Dan Volume Balok Dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah Smp Islam Al-Ghazali Kelas Viii. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 45.
Pusfita, D., & Fitriyani, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Keywords : Improvement , Creativity , Problem Posing Model. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 72.
Rachmawati, N. L., Angganing, P., & Riyadi, S. (2021). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 1–8.
Romadhoni, N., & Siti Wahyuningsih, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 5(2), 2–7
Taringan, R. M. R. B. (2019). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Kec. Tiga Binanga Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Quality, 4(80), 4
Thobroni. 2015. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar – Ruzz media.
Thobroni Dkk. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Aktivitas, Hasil Belajar, Model Problem Posing Activities, Learning Outcomes, Problem Posing Model
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-12-04
|
Cara Mengutip | : |
Elpina, W., & Putra, I. M. (2023). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM POSING PADA SISWA KELAS V SD. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 371–378. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1531
|
Terbitan | : |