PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL CREATIVE WRITING: BLENDED LEARNING BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI KECAKAPAN 6C

Levandra Balti ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Winda T Trisnwati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Tiara Monika ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi buku digital dengan pendekatan blended learning yang terintegrasi dengan kecakapan 6C pada mata kuliah English creative writing: drama and theatre. Mata kuliah ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis naskah drama dan teater dalam bahasa Inggris, mengembangkan kecakapan yang relevan dalam konteks pembelajaran bahasa. Desain penelitian ini merupakan research and development design yang menggunakan model 4D. Tahapan penelitian ini merupakan tahap define, tahap design, tahap develop, dan tahap disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku digital blended learning dengan pendekatan proyek dan integrasi kecakapan 6C memiliki dampak positif pada kemampuan mahasiswa dalam menulis naskah drama dan teater dalam bahasa Inggris. Mahasiswa juga menunjukkan peningkatan dalam pengembangan kecakapan 6C, termasuk kemampuan berkolaborasi, berkomunikasi secara efektif, dan berpikir kritis. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut dalam penggunaan buku digital blended learning dalam mata kuliah English Creative Writing Drama and Theatre, serta peningkatan integrasi kecakapan 6C dalam konteks pembelajaran bahasa. Temuan penelitian ini dapat menjadi kontribusi penting untuk pengembangan kurikulum dan metode pengajaran yang lebih inovatif dalam pendidikan bahasa Inggris dan pengembangan kecakapan mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Balti, L. (2021). Digital Literacy : The Freedom of Speech to FaceSociety 5 . 0. 3(2), 37–44.

Elvisa, G. O., & Rifai, H. (2021). Praktikalitas E-Book Edupark IPA dengan Pendekatan Saintifik Berdasarkan Destinasi Wisata Pantai Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 128. https://doi.org/10.24036/jppf.v7i2.112044

Faustino, A., & Kaur, I. (2021). Blended Learning Models: Perspectives’ in Higher Education. Atlantis Press, 209(Ijcse), 185–190. https://www.atlantis-press.com/proceedings/ijcse-21/125966460

Horn, B. M. B., & Staker, H. (2011). The Rise of K – 12 Blended leaRning. Most, 21(January), 18. http://www.innosightinstitute.org

Khoiri, N. (2017). Model Research and Development (R&D) Dalam Bidang Pendidikan. 1–22.

Martianingtiyas, E. D. (2019). Research and Development (R&D): Inovasi Produk dalam Pembelajaran. Researchgate, August, 1–8. https://www.researchgate.net/publication/335227473

Maulina, O. H., & Setyorini, R. (2015). Penilaian Proyek Sebagai Implementasi Authentic Pembelajaran Drama Di Sekolah. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2015, 99–105.

Miterianifa, M., Ashadi, A., Saputro, S., & Suciati, S. (2021). Higher Order Thinking Skills in the 21st Century: Critical Thinking. June. https://doi.org/10.4108/eai.30-11-2020.2303766

Ningsih, A., & Dewi, R. (2021). Implementation of Blended Learning Model Based on the ICT in the English Drama Course during the Covid-19 Pandemic. 8(March), 326–329. https://www.semanticscholar.org/paper/de7c63a711345aa4037e6cbb31e3eb4ad4e65feb

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Rosidah, C. T., & Pramulia, P. (2021). Team Based Project dan Case Method Sebagai Strategi Pengembangan Keterampilan Mengembangkan Pembelajaran Mahasiswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 7(2), 245–251. https://doi.org/10.30653/003.202172.196

Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179

Wahyudi, Anugraheni, I., & Winanto, A. (2018). Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 68–81.

Zhou, M., & Li, Z. (2019). Blended mobile learning in theatre arts classrooms in higher education. Innovations in Education and Teaching International, 56(3), 307–317. https://doi.org/10.1080/14703297.2018.1447389

Zubaidah, S. (2016). SitiZubaidah-STKIPSintang-10Des2016. Seminar Nasional Pendidikan, 2, 1–17.


Keywords  :  
Kata Kunci: Buku Digital, Blended Learning berbasis Proyek, Keterampilan abad 21 Digital Book, Project-based Blended Learning, 21st Century Skills
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
Balti, L., Trisnwati, W. T., & Monika, T. (2023). PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL CREATIVE WRITING: BLENDED LEARNING BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI KECAKAPAN 6C. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 454–464. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1510
Terbitan  :