PENGGUNAAN MEDIA FLANNEL BOARD DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK

Titin Kusayang ( IAIN Kerinci )
Mhd. Rasidin ( IAIN Kerinci )
Winda Oktaviana ( IAIN Kerinci )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan mengenal huruf di RA. At-Taqwa Kumun. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Populasi pada penelitian ini ialah anak-anak di RA At-Taqwa Kumun kelompok B usia 5-6 tahun sebanyak 13 anak. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan media flannel board dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak di RA. At-Taqwa Kumun Kota Sungai Penuh. Hal ini terlihat dari hasil prasiklus, siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan. Adapun skor yang diperoleh anak prasiklus adalah 47,5%. Pada siklus 1 skor yang diperoleh anak adalah 59,72%. Pada siklus 2 skor yang diperoleh anak adalah 66,53%. Pada siklus 3 skor yang diperoleh anak adalah 89,62%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amalia, S., & Patiung, D. (2021). Pengembangan Media Puzzle Untuk Menumbuhkan Kemampuan Mengenal Huruf Latin Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(1), 53. https://doi.org/10.24252/nananeke.v4i1.21598

Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Bagi Pengembangan Profesi Guru. Yrahma Widya.

Astuti, A. W., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 73–81.

Ayu Sukreni Ni Nyoman, Made Sulastri, M. M. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/3336/2738

Dyer, L. (2009). Meningkatkan Kemampuan Bicara Anak. Bhuana Ilmu Populer.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Pub. L. No. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2015).

Kusayang, T., & Amin, R. (2019). Penggunaan Media Papan Flanel dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak di TK Mutiara Al-Madani Kota Sungai Penuh. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 17(2), 189–206. https://doi.org/10.30631/innovatio.v17i2.55

Kusayang, T., Reni, R. P., Qadariah, N., & Rois, M. (2023). Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pendekatan Scientific Di Taman Kanak-Kanak Al-Azhar Kota Jambi. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1118

Latif, M., Zukhairina, Zubaidah, R., & Afandi, M. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group.

Meliawati, M., Heryana, N., & Sutrisno, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Di Paud Sentosa Pontianak. Eksistensi, 3(1), 1–7.

Mery, M. M. (2020). Penggunaan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Konsonan pada Anak Kelompok B di TKK Rherhedja 2. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 116–124. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i1.357

Musfiroh, T. (2009). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Departemen Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Panca wahyu, Kusumaningrum; Sjamsir, Hasbi; Arbayah, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kotak Pintar Di TK Islam Terpadu Asiah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur. BeduManageRs Journal, 2(2), 30–41. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/bedu.v2i2.1599

Patmonodewo, S. (2008). Pendidikan Anak Prasekolah. Rieneka Cipta.

Permata, R. D., & Nugrahani, R. (2020). Implementasi Kemampuan Berpikir Simbolik Melalui Penggunaan Media Flannel Board pada Anak Usia 5-6 Tahun. SENASTER" Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan", 1(1).

Rokhadi. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Kepada Anak Usia Dini Melalui Bermain Papan Flanel. Jurnal Pendidikan Indonesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 116–127.

Saputry, D. (2015). Permainan Bahasa pada Plat Nomor Kendaraan Bermotor ( Suatu Kajian Sosiolinguistik ). Jurnal Kreasi, 15(1), 1–14.

Seefeldt, C., & Wasik, A. B. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks.

Yufiarti, & Chandrawari, T. (2010). Profesionalitas Guru PAUD. Universitas Terbuka.


Keywords  :  
Kata Kunci: Flannel Board, Mengenal Huruf, anak usia dini Flannel Board, Recognizing Letters, early childhood
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
Kusayang, T., Rasidin, M., & Oktaviana, W. (2023). PENGGUNAAN MEDIA FLANNEL BOARD DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 446–453. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1508
Terbitan  :