NEED ASSESMENT PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TENIS LAPANGAN BERBASIS APLIKASI THUNKABLE
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran tenis lapangan berbasis aplikasi thunkable. Metode penelitian ini menggunakan survei melalui pengisian kuisioner. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I & III prodi pendidikan jasmani yang berjumlah 140 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tenis lapangan merupakan matakuliah wajib yang harus ditempuh, 92,85% mahasiswa tidak memiliki keterampilan dalam bermain tenis lapangan, akses internet gratis tersedia diseluruh ruangan kampus, 100% mahasiswa memiliki laptop & smartphones, dan 60% mahasiswa berasal dari tingkat ekonomi menengah serta dosen masih dijadikan satu satunya sumber belajar. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pengembangan media pembelajaran tenis lapangan berbasis aplikasi thunkable sangat dibutuhkan sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut tepat sasaran.
Unduhan
Referensi
Arifianto, I., Raibowo, S., & Jatra, R. (2021). Variasi Latihan Groundstroke Forehand & Backhand Dalam Bentuk Games Untuk Atlet Junior Tenis Lapangan. Jurnal MensSana, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.24036/MensSana.06012021.18
Asio, J. M. R., Gadia, E., Abarintos, E., Paguio, D., & Balce, M. (2021). Internet Connection and Learning Device Availability of College Students: Basis for Institutionalizing Flexible Learning in the New Normal. Studies in Humanities and Education, 2(1), 56–69. https://doi.org/10.48185/she.v2i1.224
Baga, S., Hendriyani, M. E., Suratmi, S., & Rosaline, M. M. (2021). Students’ Interest and Cognitive Ability through the Implementation of Comic Media. International Journal of Biology Education Towards Sustainable Development, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.53889/ijbetsd.v1i1.49
Balayar, B. B., & Langlais, M. R. (2022). Parental Support, Learning Performance, and Socioemotional Development of Children and Teenagers During the COVID-19 Pandemic. The Family Journal, 30(2), 174–183. https://doi.org/10.1177/10664807211052496
Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for Educational Practice of The Science of Learning and Development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791
Darsana, I. M. A., Satyawan, I. M., Spyanawati, N. L. P., Astra, I. K. B., & Parta Lesmana, K. Y. (2021). Video Tutorial Model Permainan dalam PJOK untuk Mendukung Pembelajaran Tematik Tema 3 Kegiatanku. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 182. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39717
Destriani, D., Destriana, D., Victorian, A. R., Yusfi, H., Bayu, W. I., Putra, O., & Nurzala, A. (2022). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran bola voli berbasis website. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 10(3), 175. https://doi.org/10.32682/bravos.v10i3.2601
Dwiyogo, W. D., & Radjah, C. L. (2020). Effectiveness, Efficiency and Instruction Appeal of Blended Learning Model. International Journal of Online and Biomedical Engineering (iJOE), 16(04), 91. https://doi.org/10.3991/ijoe.v16i04.13389
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 257–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Hayaty, W., & Nandiyanto, A. B. D. (2022). Using PowerPoint as a Learning Media for Elementary School Students about Personal and Environmental Health. Open Global Scientific Journal, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.33292/ogsj.v1i1.5
Nurjanah, Syamsuri, & Purnama, S. (2021). Pemanfaatan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru PPKn. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 118–123. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.589
Puspita, D. G., & Sugiyono, S. (2021, December 29). Strategies to Improve Education Quality at Junior High Schools. KnE Social Sciences. The 2nd International on Meaningful Education (2nd ICMEd). https://doi.org/10.18502/kss.v6i2.9988
Raibowo, S., Permadi, A., Prabowo, A., & Rizky, O. B. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Matakuliah Atletik di Universitas Bengkulu. Journal of S.P.O.R.T (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, Training), 7(1), 1–10. https://doi.org/10.37058/sport.v7i1.6448
Raibowo, S., Wulandari, I., Prabowo, A., Permadi, A., & Barnanda Rizky, O. (2023). Kecemasan dan Konsentrasi Pada Atlet Tenis Lapangan POMNAS XVII Sumatera Barat 2022. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga), 8(1), 1–8. https://doi.org/10.36526/kejaora.v8i1.2418
Rosmaidah, S., Supriatna, E., & Irmayanti, R. (2021). Gambaran Kejenuhan Belajar Siswa SMK Kelas X. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(4), 257. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7001
Rosyiddin, A. A., Johan, R. C., & Mulyadi, D. (2022). Inovasi Pembelajaran Sebagai Upaya Menyelesaikan Problematika Pendidikan Indonesia. Inovasi Kurikulum, 19(1), 44–53. https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.42679
Sandra, H. K., Tanamir, M. Dt., & Afryansih, N. (2022). Kelayakan dan Praktikalitas Media Pembelajaran Thunkable Berbasis Android pada Materi Ketahanan Pangan Industri dan Energi Kelas XI IIS SMAN 1 Painan. Jurnal Horizon Pendidikan, 2(1), 43–53. https://doi.org/10.22202/horizon.v2i1.5499
Sela, A., Rozenboim, N., & Ben-Gal, H. C. (2022). Smartphone use behavior and quality of life: What is the role of awareness? PLoS ONE, 17(3), 1–18. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0260637
Sumekto, D. R., Riyanto, H., Hilmi, A. F., & Purnama, N. (2019). Impacts of Classroom’s Mobile Learning: Can Smartphone Support Students Collaboration? English Review: Journal of English Education, 8(1), 59. https://doi.org/10.25134/erjee.v8i1.2146
Suryaningsih, S., Pujianto, D., Sutisyana, A., & Raibowo, S. (2021). Analisis Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri Kota Bengkulu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 210–218. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i2.17044
Wang, J. C., Hsieh, C.-Y., & Kung, S.-H. (2023). The impact of smartphone use on learning effectiveness: A case study of primary school students. Education and Information Technologies, 28(6), 6287–6320. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11430-9
Wiyoko, T., Ningrum, D. L., Aldino, A., Nofrianni, E., & Guswita, R. (2023). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Think Pair Share. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 209–215. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1200
Yangambi, M. (2023). Impact of School Infrastructures on Students Learning and Performance: Case of Three Public Schools in a Developing Country. Creative Education, 14(04), 788–809. https://doi.org/10.4236/ce.2023.144052
Zaeriyah, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 40–46. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.291
Keywords | : |
Kata Kunci:
Analisis Kebutuhan, Media Pembelajaran, Tenis Lapangan, Thunkable Learning Media, Needs Analysis, Tennis Court, Thunkable
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-12-04
|
Cara Mengutip | : |
Raibowo, S., Sugihartono, T., Permadi, A., Aldino, A., & Rahmi, M. F. (2023). NEED ASSESMENT PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TENIS LAPANGAN BERBASIS APLIKASI THUNKABLE. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 274–278. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1498
|
Terbitan | : |