IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII

Lisa Ranti Mardiyanti ( Universitas Tanjungpura )
Imran Imran ( Universitas Tanjungpura )
Iwan Ramadhan ( Universitas Tanjungpura )
Tri Wijaya ( SMA Negeri 1 Pontianak )

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah peserta didik belajar lebih baik dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teams games tournament berbasis Kahoot dengan langkah-langkah penelitian tindakan yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitiannya melibatkan semua peserta didik kelas XII Sosiologi TL 8 di SMA Negeri 1 Pontianak, yang berjumlah 36 orang. Menggunakan media dan model belajar interaktif adalah salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas XII Sosiologi TL 8 dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tim permainan turnamen berbasis Kahoot. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan pengimplementasian model pembelajaran TGT berbasis media Kahoot hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Pada siklus 1 dan 2 terjadi peningkatan rerata kelas 82,5 menjadi 85,2. Pada hasil belajar terjadi peningkatan sebesar 63% menjadi 81%, dengan demikian terjadi perubahan secara signifikan untuk setelah menggunakan model pembelajaran TGT.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Lisa Ranti Mardiyanti, Universitas Tanjungpura

Program Studi Pendidikan Profesi Guru

Referensi

Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939–955. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2446

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.

Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101

Hanifah, U., Niar, S. &, Universitas, A., & Dahlan Yogyakarta, A. (2021). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN. In Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 1).

Hasanah, Z., & shofiyul, Himami, A. (2021). IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan Vol. 1, No. 1, April 2021 P-ISSN : - ; E-ISSN : - https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna. 1(1), 1–13.

Jafar, A. F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(2), 190. https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.23748

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Mediatati, N. (2019). CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENSE JOURNAL(CESSJ) Volume 1 Nomor 2 Bulan Desember 2019. Civics Education and Social Sciense Journal, 1, 70–93.

Nanda, I. N., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Fakhrurrazi, Khermarinah, & Mulasi, S. (2021). Pnelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. In CV Adanu Abimata.

Permana, N. S. (2021). Implementasi Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Katolik. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 21(2), 128–135. https://doi.org/10.34150/jpak.v21i2.334

Ramadhan, I., & Warneri, W. (2023). Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 741–750.

Ramadhan, I. (2021a). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352

Ramadhan, I. (2021b). Penyebab Kesulitan Belajar Daring Mata Pelajaran Sosiologi Di SMA St. Fransiskus Asisi. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 13(1), 59–67.

Ramadhan, I., Bafadal, M. F., Olendo, Y. O., Dewantara, J. A., Atmaja, T. S., Suriyanisa, S., & Daniel, D. (2023). PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM MEMBANGUN SEMANGAT BELAJAR ANAK SEBAGAI GENERASI PENERUS BANGSA DI YAYASAN. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 972–981.

Rieska, A., & Pujiriyanto. (2021). Penggunaan Aplikasi Kahoot! Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal EPISTEMA, 2(1), 83–88.

Rustiyarso, & Wijaya, T. (2020). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (Utami (ed.)). Noktah.

Santosa, D. S. S. (President U. (2019). Manfaat Pembelajaran Kooperatif Teamgames Tournament (Tgt) Dalam Pembelajaran. Jurnal Ecodunamika, 53(9), 1689–1699.

Suwarno, S. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 3(2), 110. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v3i2.1622


Keywords  :  
Kata Kunci: Teams Games Tournament, Kahoot, Pembelajaran Sosiologi Teams Games Tournament, Kahoot, Sociology Learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
Mardiyanti, L. R., Imran, I., Ramadhan, I., & Wijaya, T. (2023). IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 345–353. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1491
Terbitan  :