PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SEKOLAH DASAR

Aprizan Aprizan ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Abdulah Abdulah ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Refril Dani ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Randi Juanda ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini berawal dari Guru belum menerapkan metode pembelajaran yang bisa membuat peserta didik aktif dalam berdiskusi kelompok, peserta didik belum dilibatkan dalam diskusi kelompok, metode pembelajaran yang digunakan guru tidak bervariasi, dan dalam proses pembelajaran masih berpusat kepada guru. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada tema tema 2 udara bersih bagi kesehatan dan sub tema 1 cara tubuh mengolah udara bersih materi menanam pohon dengan menggunakan model pembelajaran kooperatip tipe Student Team Achievement Division pada siswa kelas V SDN 25/II Muara Bungo Kecamatan Bungo Dani tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitan Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi serta analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh proses belajarpesertadidik siklus I dalam kategori cukupbaik sedangkan pada siklus II dalam kategori baik. Ini berarti ada peningkatan proses belajarpesertadidik ke arah yang lebih baik. Sedangkan hasil perolehan nilai rata-rata sebelum pra siklus 50,52%, dengan tingkat ketuntasan 49,38%. Kemudian di siklus I nilai rata-rata 62,62% dengan tingkat ketuntasan 41,38% dan pada siklus II nilai rata-rata nya 76,52% dengan tingkat ketuntasan 76,45%. Rata-rata nilai dari pra siklus, siklus I dan II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amelia, F., & Hariyadi, A. (2020). Peranan Pembelajaran PPKn dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Kelas VIII di Mts Miftahul Ulum Sitiaji. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 82–88.

Anggraini. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division ( STAD ) Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dam Hasil Belajar IPS pada Peserta Didik Kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 324–333.

Artini. (2016). Pembelajaran Model STAD untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 39 Cakranegara. Paedagogy, 3(1), 30–37.

Esminarto. (2016). Implementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset dan Konseptual, 1(November), 16–23.

Ihsan. (2017). Kecenderungan Global dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 49–58.

Kusumawati. (2021). Model Pembelajaran PPKN Melalui Pendekatan Komprehensif. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, II(1), 24–36.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(3), 419–430.

Noviana, E., & Nailul Huda, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 533–540. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.440

Rifai. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pembelajaran STAD pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV MIN Manisrejo Kota Madiun. Premiere Educandum, 4(2), 156–169.

Suantara, I. M. (2019). Implementasi Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Journal of Education Action Research, 3(4), 331–337.

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1–8.

Sudanta, W. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Bantuan Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn pada Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 7(2), 251–257. https://doi.org/10.23887/jear.v7i2.54628


Keywords  :  
Kata Kunci: Peningkatan Proses dan Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, STAD Improving Learning Processes and Outcomes, Citizenship Education, STAD
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-06
Cara Mengutip  :  
Aprizan, A., Abdulah, A., Dani, R., & Juanda, R. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 473–483. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1489
Terbitan  :