PENGARUH PENDEKATAN PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-ESTEEM SISWA DI SD

Rachel Angelina Putri ( Universitas PGRI Palembang )
Nila Kesumawati ( Universitas PGRI Palembang )
Putri Dewi Nurhasanah ( Universitas PGRI Palembang )

Abstrak

Rendahnya kemampuan matematis dalam pembelajaran sangat penting untuk diperhatikan, oleh karena itu perlu adanya peningkatan kemampuan matematis melalui self-esteem dengan menggunakan pendekatan PMRI. Salah satu faktor kepribadian yang mempengaruhi hasil belajar siswa ialah self-esteem atau penghargaan diri. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan quasi experimentsemu yaitu Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan penalaran matematis dan self-esteem siswa kelas V SD Negeri 143 Palembang . Selanjutnya terdapat korelasi kemampuan penalaran matematis dan self-esteem siswa kelas V SD Negeri 143 Palembang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adhi Nugroho, P. (2023). Hubungan Kedisiplinan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Mata Pelajaran Pai Di SMP Asy-Syifa Boarding School Sukoharjo Tahun Pelajaran 2022/2023 [Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta]. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Anggraini, A., Syofiana, M., & Ramadianti, W. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berbasis Masalah pada Materi Bilangan Pecahan. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 267–277. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3156

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. Jurnal Lemma, 8(2), 61–75. https://doi.org/10.22202/jl.2022.v8i2.5745

Armayani, D. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Self Esteem Siswa Melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Dikelas V MI Darussalam Bengkulu Tengah. SKULA : Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(2), 249–252.

Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 337–348. https://doi.org/10.30606/absis.v4i1.894

Indriyani, J., Kusniawati, A., & Kader, M. A. (2020). Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus pada Pegawai RSUD Ciamis). Business Management and enterpreneurship Journal, 2(4), 53–62.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri Transformasi Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 29. https://doi.org/10.24198/jmi.v13i1.11410

Mentari, M., Kesumawati, N., & Hera, T. (2023). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self-Esteem Siswa SD. Indonesian Research Journal On Education, 3(2), 1011–1019. https://doi.org/10.31004/irje.v3i2.117

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Nomor April). CV. Alfabeta.

Ulya, A. L., & Agustyarini, Y. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V pada Materi Bangun Ruang. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 7(2), 21–33. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v7i2.74


Keywords  :  
Kata Kunci: PMRI, Penalaran Matematis, Self-Esteem PMRI, Mathematical Reasoning, Self-esteem
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
Putri, R. A., Kesumawati, N., & Nurhasanah, P. D. (2023). PENGARUH PENDEKATAN PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-ESTEEM SISWA DI SD. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 491–496. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1477
Terbitan  :