PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY PADA MATAKULIAH PEMBELAJARAN IPA SD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA

Aldino Aldino ( Universitas Muhammadiya Muara Bungo )
Arisman Sabir ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Antok Kurniawan ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Septian Raibowo ( Universitas Bengkulu )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan kognitif Mahamahasiswa menggunakan metode outdoor study pada matakuliah Pembelajaran IPA SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif (mix method). Teknik pengumpulan data ini melalui observasi dan tes yang bersumber dari Dosen dan Mahasiswa  Universitas Muhammadiyah Muara Bungo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode outdoor study mampu meningkatkan kemampuan kognitif Mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan pemerolehan hasil belajar Mahasiswa sebelum menerapkan metode outdoor study pada proses pembelajaran dapat dikatakan masih rendah dengan nilai rata-rata 50 dengan persentase ketuntasan belajar yaitu 28,6%. Dengan penerapan metode outdoor study pada proses pembelajaran menunjukkan peningkatan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,28 dengan persentase ketuntasan belajar Mahasiswa meningkat menjadi 66,7% dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,0 dengan persentase ketuntasan belajar Mahasiswa menjadi 95,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode outdoor study pada matakuliah Pembelajaran IPA SD dapat meningkatkan kemampuan kognitif Mahasiswa. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan aktivitas belajar Mahasiswa dan persentase ketuntasan belajar Mahasiswa yang meningkat pada setiap pertemuannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hakiki, M., Sabir, A., & Maryana, A. (2022). Efektivitas Modul Digital Berbasis E-Learning Pada Matakuliah Pendidikan Karakter Di Stkip Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 269–278. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.901

NS, M., Rahman, A., & Habiburrahman, S. (2022). Madrasah Leadership in the Post COVID-19 Era: Lesson Learn From Crisis in Indonesia. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 2(2), 193–198. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline1037

Nugroho, A. A., & Hanik, N. R. (2016). Implementasi Outdoor Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Sistematika Tumbuhan Tinggi Implementation of Outdoor Learning to Improve Students Cognitive Learning Outcomes on High Plant Systematics Course. Bioedukasi, 9(1), 41–44.

Nuraini, R., Chan, F., & Zahyuni, V. (2023). Penerapan Metode Outdoor Study pada Muatan IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 05(04), 15460–15470. http://jonedu.org/index.php/joe

Oktori, H. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPETUALANG UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD 05 MUHAMMADIYAH REJANG LEBONG. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

Punaji, S. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30.

Rahimin, M. (2019). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasindo, 4(2), 26–34. https://jurnaledukasindo.lkp3i.ac.id/index.php/edukasindo/article/view/13

Yeni, H. O., Anggraini, C., & Meilina, F. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Visual Pada Siswa Kelas IV SD N 002 Tebing Kabupaten Karimun Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Zakiah, Z., & Khairi, F. (2019). Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Gugus 01 Kecamatan Selaparang. El Midad, 11(1), 85–100. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1906

Husamah. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Raya, 2014.

Widiasworo, E. (2017). Strategi dan metode mengajar siswa di luar kelas (outdoor learning) secara aktif, kreatif, inspiratif, dan komunikatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Keywords  :  
Kata Kunci: Metode Outdoor Study, IPA, Kognitif Outdoor Study Method, Science, Cognitive
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
Aldino, A., Sabir, A., Kurniawan, A., & Raibowo, S. (2023). PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY PADA MATAKULIAH PEMBELAJARAN IPA SD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 484–490. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1473
Terbitan  :