EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI MODEL SOSIODRAMA TERINTEGRASI PEMBELAJARAN PKN UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF DI SEKOLAH DASAR

Opi Andriani ( UNIVERSITAS MUAHAMMADIYAH MUARA BUNGO )

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya siswa yang melakukan kekerasan verbal, fisik dan psikis kearah agresif dengan kecenderungan yang tinggi. Perilaku agresif ini di dunia Pendidikan sangat beresiko terhadap aktivitas akademik siswa secara psikologis di sekolah baik untuk pelaku dan juga korbannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efektivitas layanan informasi model sosiodrama terintegrasi pembelajaran PKn untuk mereduksi perilaku agresif siswa di Sekolah Dasar. jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttes Desaign. Subjek penelitian dalah siswa kelas V dan VI SD Negeri 196 Taman Agung Kabupaten Bungo sebanyak 15 siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket model scala likert yang digunakan pada pre-test dan post-test. hasil penelitian mengungkapkan pada kelompok eksperimen terdapat penurunan skor dari 66.63 menjadi 53.2. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai uji beda (t) dari perhitungan didapatkan thitung 5.662 sedangkan Ttabel 2.160. Maka Ha diterima dan Ho di tolak artinya penerapan layanan model sosiodrama terintegrasi pembelajaran PKn efektif untuk mereduksi perilaku agresif di Sekolah Dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustin, N. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa. (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 1.

Agustina, S. R., & Simatupang, N. D. (2022). Hubungan Antara Kekerasan Verbal Dengan Perilaku Agresif Anak Usia 4-6 Tahun. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(2), 152–179.

Alhadi, S., Purwadi, P., Muyana, S., Saputra, W. N. E., & Supriyanto, A. (2018). Agresivitas Siswa SMP Di Yogyakarta. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 93–99.

Alizamar, A., Syahputra, Y., Afdal, A., Ardi, Z., & Trizeta, L. (2018). Differences In Aggressive Behavior Of Male And Female Students Using Rasch Stacking. International Journal Of Research In Counseling And Education, 2(1), 22–32.

Amin, N. S., Nurmaya, A., & Amiruddin, A. (2023). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Dengan Perilaku Agresif Peserta Didik Di SMPN 5 Kota Bima. Guiding World: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 103–113.

Anggraini, F. L., Hanurawan, F., & Hadi, S. (2017). Membangun Keterampilan Sosial Sebagai Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 975–982.

Cahyanto, S. K. N. U. R. (2020). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja Di SMA N 1 JATINOM. Thesis: STIKES Muhammadiyah Klaten.

Cindy, A. P. S., Faridah, F., Yoga, K., & Nur, C. (2022). Hubungan Lingkungan Teman Sebaya Dan Game Online Dengan Perilaku Agresif Anak. Jurnal Obsesi, 6(6), 6559–6568.

Fitrianti, L. I., Mufidah, E. F., & Farid, D. A. M. (2022). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Siswa Kelas IX SMP PGRI 1 Buduran. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 4(1).

Guswani, A. M., & Kawuryan, F. (2011). Perilaku Agresi Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi UMK: PITUTUR, 1(2), 86–92.

Hari, W. I. (2023). Pelaksanaan Layanan Informasi Dalam Meningkatkan Penyesuian Sosial Siswa MTSN 4 Banda Aceh. Thesis. Aceh: UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Hidayat, H., Yusri, Y., & Ilyas, A. (2015). Profil Siswa Agresif Dan Peranan Guru BK. Konselor, 4(4), 196–199.

Ishar, M. (2021). Pengaruh Anger Management Training Terhadap Penurunan Perilaku Agresi Pada Siswa Bermasalah Di SMP X Bandung. Jurnal Psychomutiara, 4(1), 1–10.

Jalilah, S. R. (2021). Merangsang Minat Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Tutorial Berbasis Media Video Sosiodrama Untuk Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(6), 5953–5960. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1657

Julianti, A. (2017). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Self Control Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Siswa Kelas VII-9 Di Mts Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Khairunnisa, K., Nurmaya, A., & Purnamasari, S. S. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Sinema Edukasi Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Peserta Didik. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 218–224.

Kurniasih, R., Eli, E., & Sutrisno, S. (2022). Penerapan Metode Reinforcement Oleh Guru Dalam Menangani Perilaku Agresif Anak Di PAUD Ceria Kubu Raya. Eksistensi, 3(1).

Lion, E. (2015). Dampak Penayangan Pornografi Dan Kekerasan Di Multimedia Bagi Perkembangan Dan Perilaku Anak. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 3(2), 131–138.

Miskimon, K., Jenkins, L. N., & Kaminski, S. (2023). Direct And Indirect Effects Of Bullying Victimization On Academic Performance And Mental Health Among Secondary School Students. School Mental Health, 15(1), 220–230.

Muti’ah, T., Farida, H., Irawan, A., Fuadi, A., Budi, H., & Kurniawati, F. (2020). ‘Klithih’Aggression Behavior Of ‘Digital Native’Generation. Proceedings Of The 2nd International Conference Of Science And Technology For The Internet Of Things, ICSTI 2019, September 3rd 2019, Yogyakarta, Indonesia.

Nurhuda, S., Affandi, N. A., Sa’adati, T. I., & Muzakki, I. (2023). Hubungan Antara Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Dengan Perilaku Agresi Pada Anak Jalanan. Gunung Djati Conference Series, 29, 35–41.

Özbek, Ö. Y., & Taneri, P. O. (2022). Bullying Behaviors And School Climate Through The Perspective Of Primary-School Students. Online Submission.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Pkn Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328–4333.

Pongpalilu, F., Hamsiah, A., Raharjo, R., Sabur, F., Nurlela, L., Hakim, L., Waliulu, H., Hasanah, N., Maruddani, R. T. J., & Suroso, S. (2023). Perkembangan Pesera Didik: Teori & Konsep Perkembangan Peserta Didik Era Society 5.0. PT. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.

Putri, H. N., & Nauli, F. A. (2015). Faktor–Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau, 2(2), 1149–1159.

Putri, S. S. E., Fitria, L., & Radyuli, P. (2022). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Agresif Siswa SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Jurnal PTI (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia" YPTK" Padang, 19–24.

Rahmawati, A., & Asyanti, S. (2017). Fenomena Perilaku Agresif Pada Remaja Dan Penanganan Secara Psikologis. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Era Revolusi Informasi.

Restu, Y., Yusri, Y., & Ardi, Z. (2013). Studi Tentang Perilaku Agresif Siswa Di Sekolah. Konselor, 2(1).

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.

Saputra, W. N. E., Hanifah, N., & Widagdo, D. N. (2017). Perbedaan Tingkat Perilaku Agresi Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(4), 142–147.

Sari, A. T., & Saifuddin, A. (2023). Implementasi Mindfulness Remaja Korban Bullying Di Panti Asuhan Daerah Kota Surakarta. Skripsi. Surakarta: UIN Surakarta.

Sari, D. K. (2016). Profil Perilaku Agresif Siswa Dan Implikasinya Bagi Bimbingan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(2), 105–109.

Saskara Putra, I., & Tobing, D. H. (2023). The Role Of Self-Control and Conformity Towards Adolescent Aggressiveness in Denpasar City. Journal of Social Science (2963-1866), 2(2).

Schick, A., & Cierpka, M. (2016). Risk Factors And Prevention of Aggressive Behavior In Children And Adolescents. Journal for Educational Research Online, 8(1), 90–109.

Suryabrata, S. (2011). Psikologi pendidikan.

Syafutra, W. (2023). Pengembangan dan Penerapan Strategi Pembelajaran. Strategi Pembelajaran di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi, 37.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47.

Yulisetyaningrum, Y., Indanah, I., & Andriany, S. (2019). Hubungan Pendidikan dan Pekerjaan Orang Tua dengan Perilaku Agresif pada Anak Usia Sekolah di MI Muhammadiyah 2 Kudus. Prosiding University Research Colloquium, 400–405.

Zaini, A., Dianto, M., & Mulyani, R. R. (2020). Pentingnya Penggunaan Media Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Informasi. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang, 126–131.

Zhang, Q., Tian, J., & Chen, L. (2021). Violent Video Game Effects on Aggressive Behavior Among Children: The Role of Aggressive Motivation and Trait-Aggressiveness In China. Journal of Aggression, Maltreatment & Trauma, 30(2), 175–192.

Zulaiha, Z., Husen, M., & Bakar, A. (2019). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Agresif pada Siswa. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1).


Keywords  :  
Kata Kunci: Layanan Informasi, Agresif, Siswa, Sekolah Dasar Information Services, Aggressive, Students, Elementary School
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
Andriani, O. (2023). EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI MODEL SOSIODRAMA TERINTEGRASI PEMBELAJARAN PKN UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 299–308. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1468
Terbitan  :