MENINGKATKAN MINAT MEMBACA MELALUI METODE GLENN DOMAN BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS I SD
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode Glenn Doman Berbasis Media Flashcard dalam meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas I SDN 134/I Merbau. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh dari observasi. Kemudian data di analisis secara kualitatif dengan mendeksripsikan peningkatan minat membaca siswa dengan media flashcard dan secara kuantitatif berupa skor minat membaca siswa. Berdasarkan hasil penelitian terkait penerapan metode Glenn Doman berbasis media falshcard mampu meningkatkan minat membaca siswa. Hal ini dikarenakan siswa mengalami peningkatan minat membaca dengan memperhatikan tiap indikator minat membaca dalam belajarnya dapat terlihat pada setiap siklus. Pada siklus I diketahui bahwa tingkat minat membaca siswa berada pada klasifikasi “cukup” dengan dengan presentase mencapai 54,3% artinya belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat pada klasifikasi “baik” dengan presentase mencapai 75,3%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menerapak metode Glenn Doman berbasis media flashcard dapat meningkatkan minat membaca siswa kelas I SDN 134/I Merbau. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan tiap indikator minat membaca pada tiap siklus pertemuannya.
Unduhan
Referensi
Aqib, Z. (2019). Penelitian Tindakan Kelas untuk guru SD, SLB dan TK. Yrama Widya.
Doman, G. D. dan J. (2016). How To Teach Your Baby To Read (GD Baby’s).
Fadlillah, F., & Wachidah, K. (n.d.). The Influence of The Multimedia-Based Glenn Doman Method Beginning Reading Interest of Grade II Elementary School Students Pengaruh Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia terhadap Minat Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar Kelas II di SDN Ketegan. Indonesian Journal of Education Methods Development, 21(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21070/ijemd.v21i.707
Fatimah, A. (2022). Penerapan Metode Glenn Doman Dengan Menggunakan Media Flascard Untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas 2 SDN 86/X Harapan Makmur Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Skripsi. Jambi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiah dan Keguruan, Universitas Islam Negri Sultan Thaha Saifuddin.
Firdaus, K. N., Indahwati, L., & Wati, L. R. (2019). Perbedaan Efektifitas Antara Stimulasi Bahasa dengan Metode Glenn Doman Melalui Kartu Edukasi Bergambar dan Kartu Edukasi Tulisan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Prasekolah di Kelompok B TK Al-Jihad Kota Malang. Journal of Issues in Midwifery, 3(3), 88–96. https://doi.org/10.21776/ub.joim.2019.003.03.4
Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25
Maharani, O. D. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328
Peraturan Pemerintah Indonesia No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. (n.d.).
Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4
Sari, N. R., & Widyasari, C. (2022). Metode Glenn Doman untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6045–6056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3352
Siswoyo. (2019). Ilmu pendidikan. UNY Press.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Glenn Doman, Media Flashcard, Minat Membaca Glenn Doman, Flashcard Media, Interest in Reading
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-12-05
|
Cara Mengutip | : |
Sawitri, M., Maryono, M., & Noviyanti, S. (2023). MENINGKATKAN MINAT MEMBACA MELALUI METODE GLENN DOMAN BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS I SD. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 465–472. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1424
|
Terbitan | : |