BIDAK BACA: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA

Adi Iwan Hermawan ( Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong )
Ernawati Simatupang ( Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong )
Megie Syauta ( Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong )

Abstrak

Tingkat kemampuan membaca permulaan SD Inpress 38 Matawolot Kab. Sorong yang masih cukup rendah. Alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan adalah dengan mengembangkan media edukasi bidak baca bermuatan kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan dasar metode pengembangan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation).  Penelitian ini dilakukan di SD Inpress 38 Matawolot Kab. Sorong. Dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui lembar validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan respon guru. Hasil uji keefektifan media pembelajaran bidak baca terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1. Hal ini dapat dijelaskan pada skon N-gain sebesar 0,4 yang termasuk dalam kategori sedang yaitu dalam rentangan 0,3 – 0,7. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa media edukasi bidak baca bermuatan kearifan lokal sangat valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan di SD Inpress 38 Matawolot Kab. Sorong.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24

Andriyani, A., Dewi, H. I., & Zulfitria, Z. (2020). Penggunaan Multimedia Dan Animasi Interaktif Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. Instruksional, 1(2), 172. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.172-180

Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682

Fitriana, I. N., Tahir, M., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Macromedia Flash Sebagai Bentuk Penguatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 476–481. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.275

Galindra, G., Adnan, F., & Putra, J. A. (2023). Pengembangan Game Visual Novel Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. INFORMAL: Informatics Journal, 8(1), 76. https://doi.org/10.19184/isj.v8i1.31540

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2. https://jurnaldidaktika.org/

Hermawan, A. I. (2021). Resepsi Pembaca Pria Terhadap Karya Sastra “Mariposa” Di Komunitas Cybersastra Wattpad. Anafora, 1(1), 43–49. https://publication.uniku.ac.id/index.php/anafora

Kharizmi, M. (2015). KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11–21. https://www.neliti.com/id/publications/71420/kesulitan-siswa-sekolah-dasar-dalam-meningkatkan-kemampuan-literasi

Kumalasari, L., Suhadi, S., & Mahanal, S. (2023). Avipedia: An electronic encyclopedia of bird diversity in Baluran National Park - Indonesia. Research and Development in Education (RaDEn), 3(1), 26–36. https://doi.org/10.22219/raden.v3i1.23939

Lase, W. N., Zalukhu, A., Zalukhu, S. R., & Harefa, noveri amal jaya. (2023). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal on Education, 06(01), 4301–4308. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/3507

Rohman, F. (2022). Menilik Literasi di Tanah Tabi. Bgppapua.Kemdikbud. https://bgppapua.kemdikbud.go.id/menilik-literasi-di-tanah-tabi/

Widyowati, F. T., Rahmawati, I., & Priyanto, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Mengeja Berbasis Aplikasi Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 332–337. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4.29714


Keywords  :  
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Media Pembelajaran, Bidak Baca, Sekolah Dasar Beginning Reading, Instructional Media, Bidak Baca, Elementary school
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
Hermawan, A. I., Simatupang, E., & Syauta, M. (2023). BIDAK BACA: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 322–329. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1420
Terbitan  :