GAME INTERAKTIF WORDWALL PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR SISWA SD
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum maksimalnya pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran IPAS khususnyan materi perkembangbiakan tumbuhan. Maka dalam penelitian ini dikembangkan media game interaktif wordwall pada pembelajaran IPAS untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media game interaktif wordwall pada pembelajaran IPAS, serta menghasilkan media yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Prosedur pengembangan ini mengacu pada pengembangan model ADDIE yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu (1) Tahap Analisis (Analyze), (2) Tahap Perancangan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Development), setelah melalui tahap pengembangan dilakukannya uji validasi oleh 3 orang validator dengan hasil 80% (4) Tahap Implementasi (Implementation), pada tahap ini dilakukannya uji praktikalitas yang dilakukan oleh praktisi (guru) dan (siswa) dengan hasil 82% setelah itu dilakukannya uji coba media video dengan lembar efektivitas mendapatkan hasil 76% dengan didapatkannya hasil belajar siswa, (5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan dari prosedur ADDIE yang digunakan dalam penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa game interaktif wordwall yang telah dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan, karena telah memenuhi minimal kriteria valid, praktis dan efektif.
Unduhan
Referensi
Erawati, I., Darwis, M., & Nasrullah, M. (2017). Efektivitas Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Office, 3(1), 13. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3450
Estuhono. (2022). Research-Based Learning Models In Physics For 21st Century Student. 14, 1803-1814. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1268
Estuhono, F, S. Yulia, P. Ika. Pengembangan E-Modul Berbasis Research Based Learning Berbentuk Aplikasi Book Creator Pada Pembelajaran IPAS Untuk Mendukung Mardeka Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Fidya, I., & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Game Interaktif Wordwall. 219–227.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Utama, N. & Z. (2022). Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P). JPB: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 9, 27–33. https://doi.org/10.29407/jbp.v9i1.17671
Wahidy, D. E. dan A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. 125–129.
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4 . 0. 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63
Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. 6(3), 4133–4143. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2737
Zhang, H. M., Peh, L. S., & Wang, Y. H. (2014). Servo motor control system and method of auto-detection of types of servo motors. Applied Mechanics and Materials, 496–500(1), 1510–1515. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.496-500.1510
Keywords | : |
Kata Kunci:
Game Interaktif, Wordwall, Merdeka Belajar Game Interaktif, Wordwall, Independent Learning
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-06-12
|
Cara Mengutip | : |
Estuhono, E., Anggrayni, M., & Sukmawati, S. (2024). GAME INTERAKTIF WORDWALL PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR SISWA SD. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 95–101. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1415
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|