GAME INTERAKTIF WORDWALL PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR SISWA SD

Estuhono Estuhono ( Universitas Dharmas Indonesia )
Melisa Anggrayni ( Universitas Dharmas Indonesia )
Sukmawati Sukmawati ( Universitas Dharmas Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum maksimalnya pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran IPAS khususnyan materi perkembangbiakan tumbuhan. Maka dalam penelitian ini dikembangkan media game interaktif  wordwall pada pembelajaran IPAS untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media game interaktif  wordwall pada pembelajaran IPAS, serta menghasilkan media yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Prosedur pengembangan ini mengacu pada pengembangan model ADDIE yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu (1) Tahap Analisis (Analyze), (2) Tahap Perancangan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Development), setelah melalui tahap pengembangan dilakukannya uji validasi oleh 3 orang validator dengan hasil 80% (4) Tahap Implementasi (Implementation), pada tahap ini dilakukannya uji praktikalitas yang dilakukan oleh  praktisi (guru) dan (siswa) dengan hasil 82% setelah itu dilakukannya uji coba media video dengan lembar efektivitas mendapatkan hasil 76% dengan didapatkannya hasil belajar siswa, (5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan dari prosedur ADDIE yang digunakan dalam penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa game interaktif  wordwall yang telah dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan, karena telah memenuhi minimal kriteria valid, praktis dan efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Erawati, I., Darwis, M., & Nasrullah, M. (2017). Efektivitas Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Office, 3(1), 13. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3450

Estuhono. (2022). Research-Based Learning Models In Physics For 21st Century Student. 14, 1803-1814. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1268

Estuhono, F, S. Yulia, P. Ika. Pengembangan E-Modul Berbasis Research Based Learning Berbentuk Aplikasi Book Creator Pada Pembelajaran IPAS Untuk Mendukung Mardeka Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Fidya, I., & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Media Game Interaktif Wordwall. 219–227.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Utama, N. & Z. (2022). Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P). JPB: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 9, 27–33. https://doi.org/10.29407/jbp.v9i1.17671

Wahidy, D. E. dan A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. 125–129.

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4 . 0. 2(1), 1–9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63

Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. 6(3), 4133–4143. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2737

Zhang, H. M., Peh, L. S., & Wang, Y. H. (2014). Servo motor control system and method of auto-detection of types of servo motors. Applied Mechanics and Materials, 496–500(1), 1510–1515. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.496-500.1510


Keywords  :  
Kata Kunci: Game Interaktif, Wordwall, Merdeka Belajar Game Interaktif, Wordwall, Independent Learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-06-12
Cara Mengutip  :  
Estuhono, E., Anggrayni, M., & Sukmawati, S. (2024). GAME INTERAKTIF WORDWALL PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN UNTUK MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR SISWA SD. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 95–101. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1415
Terbitan  :