ANALISIS MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DI SMP

Budi Tri Apriyanto ( Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah )
Dwiyono Putranto ( Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah )
Novianti Novianti ( Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah )

Abstrak

Guru memegang peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar dan bertanggung jawab atas pengelolaan kelas. Guru harus mampu memimpin dan menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif agar proses belajar mengajar berlangsung dengan baik dan efektif. Berdasarkan observasi di SMP Negeri 1 Kaloran, guru agama Buddha mengatakan kurang memahami pengelolaan kelas dan beberapa siswa kelas VII mengatakan bahwa mengikuti pelajaran tanpa memperhatikan dengan baik, sering merasa malas serta bosan saat mengikuti pembelajaran. Hal ini dikarenakan kelas kurang nyaman, ruang kelas tidak terlalu luas, guru sering menggunakan metode ceramah dan meminta siswa untuk menulis materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengelolaan kelas yang telah dilaksanakan dan hambatan yang ada dalam pelaksanaan manajemen kelas pada pembelajaran agama Buddha kelas VII di SMP Negeri 1 Kaloran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen kelas pada pembelajaran agama Buddha telah menerapkan perencanaan pembelajaran, pengaturan pembelajaran, memimpin kelas, mengontrol, dan mengevaluasi pembelajaran. Namun masih terdapat hambatan dalam proses pelaksanaannya seperti guru juga mengajar di sekolah lain sehingga waktu pelaksanaan pembelajaran terkadang jadwalnya berbenturan, hal tersebut membuat pembelajaran tidak maksimal, serta sarana prasarana yang kurang seperti ruang kelas yang tidak luas.

Guru memegang peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar dan bertanggung jawab atas pengelolaan kelas. Guru harus mampu memimpin dan menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif agar proses belajar mengajar berlangsung dengan baik dan efektif. Berdasarkan observasi di SMP Negeri 1 Kaloran, guru agama Buddha mengatakan kurang memahami pengelolaan kelas dan beberapa siswa kelas VII mengatakan bahwa mengikuti pelajaran tanpa memperhatikan dengan baik, sering merasa malas serta bosan saat mengikuti pembelajaran. Hal ini dikarenakan kelas kurang nyaman, ruang kelas tidak terlalu luas, guru sering menggunakan metode ceramah dan meminta siswa untuk menulis materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengelolaan kelas yang telah dilaksanakan dan hambatan yang ada dalam pelaksanaan manajemen kelas pada pembelajaran agama Buddha kelas VII di SMP Negeri 1 Kaloran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen kelas pada pembelajaran agama Buddha telah menerapkan perencanaan pembelajaran, pengaturan pembelajaran, memimpin kelas, mengontrol, dan mengevaluasi pembelajaran. Namun masih terdapat hambatan dalam proses pelaksanaannya seperti guru juga mengajar di sekolah lain sehingga waktu pelaksanaan pembelajaran terkadang jadwalnya berbenturan, hal tersebut membuat pembelajaran tidak maksimal, serta sarana prasarana yang kurang seperti ruang kelas yang tidak luas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Buddhaghosa. (1995). Khuddakanikaye Dhammappad-atthakatha.

Darma, W., & Rani, H. M. (2020). Manajemen Kelas Berbasis Mindfulness. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.53565/pssa.v6i1.121

Fauzi, A., Helnanelis, H., & Fahmi, A. (2020). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi di MTs Al-Fitroh Tangerang). Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 51. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1076

Hamzah B, Uno, N. L. N. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran: Aspek Yang Memengaruhi. In B. S. Fatmawati (Ed.), Tugas Guru Dalam Pembelajaran: Aspek Yang Mempengaruhi (1st ed.). PT Bumi Angkasa.

Hariyanto. (2017). Pengaruh Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Buddha. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial Dan Agama, 4.

Herwanto, R. (2015). Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Di Madras Tsanawiyah Negeri Turen Malang.

Husna, N. (2020). Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di MI Sailul Ulum Pagotan Madiun.

Jelita, R. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha Pada Anak Usia Dini di TK Metta Maitreya Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 3(1).

Mubarok, R. (2022). Guru Sebagai Pemimpin di Dalam Kelas Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(01), 19–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24967/esp.v2i01.1524

Mudasir. (2016). Manajemen Kelas (2nd ed.). Zanafa Publishing.

Nadlir.M. (2013). PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 02. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/787

Niayah, N. (2022). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Aikmel Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur NTB. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 2(2), 33–50. https://doi.org/10.51700/manajemen.v2i2.341

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Cakra Books.

Sadtyadi, H. (2018). Re Evaluasi Tugas Guru Pendidikan Agama Buddha Dalam Penguasaan Dan Pengembanganbahan Ajar Dan Model Penilaian. Widyacarya, 2, No. 1,(1), 84–93.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (3rd ed.). ALAFABETA.

Sumar, W. T. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa. In Jambura Journal of Educational Management (Vol. 1). https://doi.org/doi.org/10.37411/jjem.v1i1.105

Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788

Syam, S. dkk. (2022). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Torahudin, M. (2020). Buku Ajar Manajemen Kelas (Andriyanto (ed.)). Lakeisha.

Tyasmaning, E. (2021). Implementasi Inovasi Pengelolaan Kelas Dalam Mengembangkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Sunan Kalijogo Jabung Malang. Muhadsah Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2).

Widiasworo, E. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas (Daw (ed.); 1st ed.). DIVA Press.

Winayi, A. N. (2014). Manajemen Kelas ; Teori Dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas Yang Kondusif. Ar-Ruzz Media.

Yusuf, M. A. (2014). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan (1st ed.). Pemadamedia Group.


Keywords  :  
Kata Kunci: Pendidikan Agama Buddha, Pembelajaran, Manajemen Kelas Buddhist Education, Learning, Classroom Management
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
Apriyanto, B. T., Putranto, D., & Novianti, N. (2023). ANALISIS MANAJEMEN KELAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA DI SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 384–392. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1373
Terbitan  :