ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 1 SD 2 KALIWUNGU

Dina Putri Ariyani ( Universitas Muria Kudus )
F. Shoufika Hilyana ( Universitas Muria Kudus )
Much Arsyad Fardani ( Universitas Muria Kudus )

Abstrak

Kesulitan membaca adalah hambatan dalam membaca yang dialami oleh siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis karakteristik kesulitan-kesulitan siswa dalam membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD 2 Kaliwungu dengan subjek penelitian yaitu lima siswa kelas 1. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima siswa kelas 1 mengalami kesulitan membaca, diantaranya kesulitan mengenali dan mengidentifikasi huruf abjad, belum mampu membedakan huruf yang hampir mirip ketika membaca, kesulitan dalam mengeja huruf dan suku kata, kesulitan dalam melafalkan gabungan huruf konsonan, kesulitan dalam melafalkan gabungan huruf diftong, dan kesulitan dalam melafalkan huruf “r”. Berdasarkan hasil analisis data dari beberapa penelitian terdahulu dan berbagai referensi atau sumber bahwa masih ditemui siswa kelas rendah yang mengalami kesulitan membaca dengan beberapa karakteristik kesulitan membaca yang dialaminya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aprilia, U. I., Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233.

Fiantika, F. R., et al. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Issue March). PT. Global Eksekutif Teknologi. https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Hartini, B. H. D., Intiana, S. R. H., & Jaelani, A. K. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 5 Praya Tahun 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 786–795. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2866

Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan Yang dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3297–3307. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/526/pdf

Kamasiah, Muslim, & Yusnan, M. (2023). Identifikasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 7(1), 1–6. https://doi.org/10.35326/jec.v7i1.3159

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Sanabil.

Muflikhah, A., Hilyana, F. S., & Oktavianti, I. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di SDN 2 Bangsri Selama Pertemuan Tatap Muka (PTM) Terbatas. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 88–94.

Nuraini, E., Oktrifianty, E., & Fathurrohmah, Y. (2021). Analisis Faktor-faktor Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SD Negeri Poris Pelawad 2. Yasin, 1(1), 88–95. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i1.17

Pridasari, F., & Anafiah, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I di SDN Demangan Yogyakarta. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2), 838–844. https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i2.8054

Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 301–306.

Fasa, M. I. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. ZAHIR PUBLISHING.

Rupa, J. N., & Dhapa, D. (2021). Gangguan Berbicara Akibat Faktor Lingual Pada Penderita Cadel ( Kajian Psikolinguistik). Retorika: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 47–55.

Sujarweni, V. W. (2022). Metodologi penelitian. Pustakabarupress..

Tarisa, Hilyana, F. S., & Fardani, M. A. (2022). Implementasi Kampus Mengajar Untuk Menanamkan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 758–766. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.348

Torau, P. N., dkk. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas III SD. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 380–399. https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i3.307

Wardani, I. K., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 286–289. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Witri, D., Saputra, H. H., & Rahmatih, A. N. (2022). Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II di SD Negeri 1 Wanasaba Daya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2181–2189. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.929

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. UN PRESS.

Balqis, A. F., dkk. (2021). Analisis Faktor Minimnya Minat Membaca Siswa Di Kelas Vi Sdit Daarul Istiqlal Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(3), 250–255. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i3.29137

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, M. (2020). Metodologi Penelitian. Yayasan Pondok Pesantren Al-Muwaddah Warrahmah.


Keywords  :  
Kata Kunci: Analisis Kesulitan, Membaca, Siswa Sekolah Dasar Difficulty Analysis, Reading, Elementary School Students
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
Ariyani, D. P., Hilyana, F. S., & Fardani, M. A. (2023). ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS 1 SD 2 KALIWUNGU. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 363–370. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1337
Terbitan  :