PEMANFAATAN WISATA PINTU GERBANG MAJAPAHIT SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR

Dewi Ellyana Nur Aini ( Universitas Muria Kudus )
Erik Aditia Ismaya ( Universitas Muria Kudus )
Lintang Kironoratri ( Universitas Muria Kudus )

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemanfaatan wisata Pintu Gerbang Kerajaan Majapahit sebagai sumber pembelajaran IPAS berbasis kearifan lokal bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati. Sumber data primer pada penelitian ini adalah pengelola wisata, guru sekolah dasar, dan siswa sekolah dasar. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari artefak di tempat wisata, literatur buku, dan publikasi studi yang relevan. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan menggunakan model Spreadley. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wisata Pintu Gerbang Majapahit memiliki peninggalan sejarah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran IPAS untuk siswa sekolah dasar. Pemanfaatan wisata sebagai sumber pembelajaran sangat efisien untuk siswa dalam memproses belajar mengajar. Karena siswa tidak hanya mendengar saja tetapi juga bisa melihat secara langsung. Potensi yang ada dalam wisata Pintu Gerbang Majapahit yaitu Lawang Kaputren yang memiliki cerita sejarah didalamnya dan acara atau tradisi-tradisi yang biasanya dilakukan oleh warga sekitar. Kedua potensi tersebut dapat dijadikan sumber pembelajaran IPAS berbasis kearifan lokal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dewi, M.S. (2022). Pemanfaatan Objek Wisata “Tegalan” sebagai Sumber Pembelajaran Kontekstual Anak Sekolah Dasar. KNPP.

Evitasari, O. Pemanfaatan Fungsi Museum sebagai Sumber Belajar Sejarah dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Estoria, 1(1): 43-56.

Firmansyah, Haris. (2021). Pemanfaatan Bangunan Cagar Budaya di Area Wisata Duizen Vierkanten Paal Kota Pontianak sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan 5(1): 15-28.

Ismaya, E., Khairunisa, I. (2021). Budaya Kretek Masyarakat Kudus sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 6(2): 34-45. http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v6i2.2613

Kironoratri, L. (2020). Buku Kumpulan Puisi Anak Berbasis Kearifn Lokal Daerah Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Baterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, 1(2): 55-60. https://doi.org/10.30596/jpbsi.v1i2.4865

Mulyasa,E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Rodya Karya.

NCCS. (1994). ”Curriculum Standar for Social Sudies, Expection for Excelence”. Washington: NCCS.

Ningsih, M.P., Maulani, C.Y., Setyadi, T., Arum, D.P. (2022). Potensi Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dan Media Pembelajaran di Sekolah Adat Kampoeng Batara Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4): 2825-2833. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5925

Purnomo, Arif., Mutholib, Abul dan Amin, Syaiful. (2016). Model Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Materi Kontroversi (Controversy Issues) Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 33 (1): 13-25. https://doi.org/10.15294/jpp.v33i1.7661

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Sartini. (2006). Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebuah Kajian Filsafati.

Shufa, N. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan 1(1): 48-53.

https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2316

Sudrajat. (2021). Potensi Candi Asu sebagai Sumber Belajar IPS di Sekolah Menengah Pertama. JIPSINDO: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 8(2): 150-164. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i2.43702

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tumini, T. (2019). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar dengan Multimedia pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial 4(2): 93.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya

Yunanto, Sri Joko. (2004). Sumber Belajar Anak Cerdas. Jakarta: Grasindo.


Keywords  :  
Kata Kunci: Kearifan Lokal, Pintu Gerbang Majapahit, IPAS Local Wisdom, Majapahit Gate, IPAS
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
Nur Aini, D. E., Ismaya, E. A., & Kironoratri, L. (2023). PEMANFAATAN WISATA PINTU GERBANG MAJAPAHIT SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 419–428. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1336
Terbitan  :