PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSATION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DI KELAS IX SMP NEGERI 7 MUARA BUNGO

Daswati Daswati ( SMP NEGERI 7 MUARA BUNGO )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita di kelas IX SMP Negeri 7 Muara Bungo dengan menggunakan metode Cooperative Learning Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composation). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 7 Muara Bungo. Prosedur penelitian PTK meliputi; (1) Planning (menetapkan jumlah siklus dan materi pokok yang akan dipelajari, menentukan sampel penelitian, menyusun lesson plan dan instrumen penilaian, menyusun format observasi lainnya),  (2) Action (melaksanakan tindakan kelas sebanyak 3 siklus mengacu pada perencanaan), (3) Observing (melakukan observasi perkembangan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik serta kinerja kelompok), (4) Reflection (melaksanakan analisa data dan refleksi terhadap penerapan model pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar). Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan Cooperative Learning tipe CIRC dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita selalu meningkat dari setiap siklus, pada  siklus I skor 0,03 dengan kategori rendah, siklus II 0,05 dengan kategori sedang dan siklus III 0,079 dengan kategori tinggi. Kemudian penerapan Cooperative Learning tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar matematika dengan nilai rata-rata siklus I 56,58 naik menjadi 66,71 di siklus II dan kenaikan yang tinggi di siklus III 71,97.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharismi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
Sutrisno. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dengan Metode Pemecahan Masalah Berbantuan Lembar Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 September.
Sukiastini, Sadia, & Suastra . 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kreatif. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3 Tahun 2013.
Sutarno, Nurdin & Awalani. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ)Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran TIK. Vol. 3 No.1 / Juni 2010

Keywords  :  
Kata Kunci: CIRC, Keterampilan Menyelesaikan Soal CIRC, Students' skills in solving story problems
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-06-29
Cara Mengutip  :  
Daswati, D. (2019). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSATION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DI KELAS IX SMP NEGERI 7 MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 276–286. https://doi.org/10.52060/mp.v4i1.131
Terbitan  :