UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SMP NEGERI 7 MUARA BUNGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Zuryati Zuryati ( SMP NEGERI 7 MUARA BUNGO )

Abstrak

Penelitian ini berlatar belakang dari aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn yang kurang aktif berpartisipasi dikarenakan hanya terjadi pemberian informasi dari guru ke siswa. Sehingga siswa kurang bersemangat dan terlihat bias saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IX1 Semester genap tahun pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 7 Muara Bungo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Contextual Teaching And Learning pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas siswa sebesar 82.8% atau rata-rata 5.88. aktivitas belajar siswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II diantaranya a) kemampuan menjawab pertanyaan 26.6%, b) menyampaikan pertanyaan 14.8%, c) kemampuan dalam mengungkapkan pendapat 17.7%, d) keterampilan dalam memberikan saran 8.9% dan e) kemampuan dalam mengungkapkan kesimpulan 14.8%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Karim, Abdul . 2017. Analisis Pendekatan Pembelajaran Ctl (Contextual Teaching And Learning) Di SMPN 2 Teluk Jambe Timur, Karawang. Jurnal Formatif. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Handini, Dea., Gusrayani., Panjaitan. 2016. Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1

Hadiyanta, Nur. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Kependidikan, Volume 43 Nomor 1.

Muslich, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Bumi Aksara. Jakarta

Wilujeng, A. P. (2010). Efektivitas Pelatihan Berfikir Positif Terhadap Kepatuhan Pada Aturan Santri Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang. Skripsi. Malang: UIN Maliki Malang

Zulaiha, Siti. 2016. Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Implementasinya Dalam Rencana Pembelajaran PAI MI. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam vol. 1 Nomor 1.


Keywords  :  
Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Contextual Teaching And Learning Student Activities, Contextual Teaching And Learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-06-29
Cara Mengutip  :  
Zuryati, Z. (2019). UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SMP NEGERI 7 MUARA BUNGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 287–296. https://doi.org/10.52060/mp.v4i1.130
Terbitan  :