PROSES BERPIKIR SIBERNETIK DALAM MATERI MEYAKINI KITAB-KITAB ALLAH DAN MENCINTAI AL-QUR’AN KELAS VIII SMP

Reksahati Wulandari ( UIN Sunan Gunung Djati Bandung )
Nurul Azizatul Isnaini ( UIN Sunan Gunung Djati Bandung )
Nadya Ilma Rosyda ( UIN Sunan Gunung Djati Bandung )
Tarsono Tarsono ( UIN Sunan Gunung Djati Bandung )
Hasbiyallah Hasbiyallah ( UIN Sunan Gunung Djati Bandung )

Abstrak

Teori sibernetik yang dikembangkan oleh Landa erat kaitannya dengan sebuah proses namun selain proses belajar ada lagi proses yang lebih difokuskan yaitu mengenai proses berpikir yang mana dapat tercermin dari aktivitas dalam materi pembelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk  mengkaji bagaimana proses berpikir sibernetik dalam aktivitas yang harus dilakukan oleh siswa pada materi meyakini kitab-kitab Allah dan mencintai Al-Qur’an pada buku pendidikan Islam dan budi pekerti kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kepustakaan yang selanjutnya dianalisis dan dideskripsikan dalam hasil dan pembahasan. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa kegiatan aktivitas dalam buku pendidikan Islam dan budi pekerti kelas VIII SMP dalam materi meyakini kitab-kitab Allah dan mencintai Al-Qur’an memuat proses berpikir sibernetik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Ahsan, M., & Sumiyati. (2017). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Alisa. (2020). Teori Belajar Sibernetik: Pengertian, Kelebihan, dan Penerapan. Gramedia.

Arifin, M., Sari, A. P., & Tama, A. M. (2017). Implikasi Teori Belajar Sibernetik Dalam Proses Pembelajaran Dan Penerapan IT Di Era Modern.

Azizah, N., Khodijah, N., Imtihana, A., & Nurlaila, N. (2022). PENERAPAN TEORI BELAJAR SIBERNETIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN PAI PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMP NEGERI 54 PALEMBANG. Jurnal PAI Raden Fatah, 4(1), 70–78.

https://doi.org/10.19109/pairf.v4i1.8508

Bakti, S., & Sakdiah, H. (2021). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Sibernetik terhadap Efektivitas Pembelajaran PAI di SMP Putra Jaya Stabat Kabupaten Langkat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 10(1), 86–110.

Kalifah, D. R. N., Hidayah, N., & Yanti, Y. (2022). IMPLIKASI TEORI BELAJAR SIBERNETIK TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE

CLASSROOM. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 500. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.13725

Mudrikah, S., Ahyar, D. B., Lisdayanti, S., Parera, M. M. A. E., Ndorang, T. A., Wardani, K. D. K. A., Siahaan, M. N., Hanifah, D. P., & Amalia, R. (2022). Inovasi Pembelajaran di Abad 21. Pradina Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=TgZ2EAAAQBAJ

Nur’alimah, E. O. (2022). Implementasi Teori Sibernetik pada Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi COVID-19. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 36. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i1.146

Qutsiyah, D. A., Asy’ari, H., Fadhillah, F., Sirojuddin, A., & Nasucha, J. A. (2022). Analisis Materi Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas VIII Perspektif Hots. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 145–157.

Rahmansyah, R., Aidil_Nur, M., & Khalidin, M. (2021). Hubungan Teori Belajar Sibernetik dengan Efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlaq. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 1(2), 166–180. https://doi.org/10.47467/manageria.v1i2.593

Ratnawati, E. (2016). Karakteristik teori-teori belajar dalam proses pendidikan (perkembangan psikologis dan aplikasi). Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 4(2).

Rifana, R., Burhanudin, D., & Septiyanti, E. (2021). ANALISIS SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) BAHASA INDONESIA DALAM UJIAN SEKOLAH SMP NEGERI 4 DUMAI. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(2), 121–129. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i2.1582

Sriwati, S. (2020). APLIKASI TEORI BELAJAR SIBERNETIK DAN MEDIA ILUSTRASI VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS. Jurnal Sosial Politik Unla, 25(1), 7–25.

Sudarmanto, E., Mayratih, S., Kurniawan, A., Abdillah, L. A., Martriwati, M., Siregar, T., Noer, R. M., Kailani, A., Nanda, I., & Nugroho, A. G. (2021). Model Pembelajaran Era Society 5.0. Penerbit Insania. https://books.google.co.id/books?id=iSk5EAAAQBAJ

Thabroni, gamal. (2022). Teori Belajar Sibernetik – Pengertian, Proses, dan Penerapan.Serupa.Wahyuna, R., & Usmaidar, R. F. (2023). Analisis Teori Sibernetik Pada Era Pembelajaran 5.0 Dalam Perkembangan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII MTsN 1 Langkat. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 34–40.

Yunus, R. (2018). Teori belajar sibernetik dan implementasinya dalam pelaksanaan diklat. Journal of Education Science, 4(2).


Keywords  :  
Kata Kunci: Materi Pendidikan Agama Islam, Sibernetik, Teori Belajar Cybernetic, Islamic Religious Education Lessons, Learning Theory
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
Wulandari, R., Isnaini, N. A., Rosyda, N. I., Tarsono, T., & Hasbiyallah, H. (2023). PROSES BERPIKIR SIBERNETIK DALAM MATERI MEYAKINI KITAB-KITAB ALLAH DAN MENCINTAI AL-QUR’AN KELAS VIII SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 400–409. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1267
Terbitan  :