VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN DALIHAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Guna Ria Siagian ( Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar )
Festiyed Festiyed ( Universitas Negeri Padang )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD dan Tes berpikir kreatif dengan memanfaatkan model pembelajaran DALIHAN pada materi Keanekaragaman Hayati di SMA Methodist Pematang Siantar. Hasil survei menunjukkan bahwa sifat butir soal yang akan disampaikan dilihat dari keabsahan RPP memenuhi kaidah sangat valid dengan nilai validator antara 80 hingga 100 %, LKPD sangat valid dan legitimasi dari validator meningkat daridengan nilai validator antara 80 hingga 92% dan tes berpikir kreatif memenuhi langkah-langkah yang sangat valid dengan nilai berkisar dari 80 hingga 92%. Sesuai hasil peneltian tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang menggunakan model DALIHAN pada materi Keanekaragaman Hayati dinyatakan valid untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa layak digunakan sebagai model pembelajaran di sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abubakar, Tanjung, Y. I., Azhar, Z., & Prayogi, R. (2021). Implementasi Computer Based Test (CBT) Fisika: Modelling Assessment Konseptual Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) (R. R. Rerung (ed.)). Media Sains Indonesia.

Apertha, F. K. P., Zulkardi, & Yusup, M. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Open-Ended Problem Pada. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/4318

Arini, W., & Asmila, A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Cahaya Siswa Kelas Delapan Smp Xaverius Kota Lubuklinggau. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(1), 23–38. https://doi.org/10.31539/spej.v1i1.41

Atikah, N., & Ramadhani, A. (2021). Berpikir Kreatif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Saintifik Integratif pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswi Kelas V di SD IT An-Najiyah …. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 999–1006. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1063%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1063/947

Budiman, A., & Jailani, J. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Mata Pelajaran Matematika Smp Kelas Viii Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2671

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Saintifik. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76

Hamidy, A., & Merliza, P. (2019). The Influence of Achievement Motivation and Self-Regulated Learning (SRL) on Students’ Mathematics Learning Outcomes. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 87–100. https://doi.org/10.21093/twt.v6i2.2047

Hartini, L., Zainuddin, Z., & Miriam, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Inquiry Discovery Learning Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 69. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4448

Hasanuddin, H. (2017). Biopsikologi Pembelajaran: Teori Dan Aplikasi. Syiah Kuala University Press.

Kartina, A. A., Suciati, S., & Harlita, H. (2021). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp Kelas Viii Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Zat Aditif Dan Adiktif Selama Pandemi Covid-19. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(2), 149. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i2.10364

Kurnia, A. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Soal Tes Pilihan Ganda pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 4(1), 27–32. https://doi.org/10.31605/ijes.v4i1.1147

Moutinho, L., Bigné, E., & Manrai, A. K. (2014). The routledge companion to the future of marketing. In The Routledge Companion to the Future of Marketing (Nomor January 2014). https://doi.org/10.4324/9780203103036

Mulyadi, D., Wahyuni, S., & Handayani, R. (2016). pengembanagan media flash flipbook untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296-301–301.

Negovan, V., & Bogdan, C. (2013). Learning Context and Undergraduate Students’ Needs for Autonomy and Competence, Achievement Motivation and Personal Growth Initiative. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 78, 300–304. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.299

Niron, M. D. (2009). BAHAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU DALAM JABATAN PENGAWASSERTIFIKASI GURU RAYON 11 UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Noperman, F. (2022). INOVASI PEMBELAJARAN DARI IDE KREATIF DI KEPALA SAMPAI PRAKTIK INOVATIF DI KELAS. LAKSBANG PUSTAKA.

Ozdemir, G., & Dikici, A. (2016). Relationships between Scientific Process Skills and Scientific Creativity: Mediating Role of Nature of Science Knowledge. Journal of Education in Science, Environment and Health, 3(1), 52–52. https://doi.org/10.21891/jeseh.275696

Purba, P. B., Chamidah, D., Anzelina, D., & Saputro, A. N. C. (2022). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. KITA MENULIS.

Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Kencana.

Sari, A. P., Wahyuni, S., & Budiarso, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Blended Learning Pada Materi Pesawat Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. S P E K T R A: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 8(1), 9. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.32699/spektra.v8v2.228

Sudarwanto, A. S., & Kharisma, D. B. B. (2022). Comparative study of personal data protection regulations in Indonesia, Hong Kong and Malaysia. Journal of Financial Crime, 29(4), 1443–1457. https://doi.org/10.1108/JFC-09-2021-0193

Yulis Tyaningsih, R., Pramestie Wulandari, N., Junaidi, Hamdani, D., & Putranto, S. (2021). The effect of group mentoring learning on student’s creativity in solving partial differential equations problems. Journal of Physics: Conference Series, 1778(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012040


Keywords  :  
Kata Kunci: Validitas, Perangkat Pembelajaran, DALIHAN, Berpikir Kreatif Validity, Learning Tools, DALIHAN, Creative Thinking
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-17
Cara Mengutip  :  
Siagian, G. R., & Festiyed, F. (2023). VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN DALAM MODEL PEMBELAJARAN DALIHAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 511–518. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1254
Terbitan  :