UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PESERTA DIDIK KELAS IX 2 SMP NEGERI 01 MUARA BUNGO
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik masih rendah dan belum mencapai harapan. Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika ini diduga disebabkan oleh ketidaksesuaian model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran Matematika. Model ceramah yang biasa digunakan guru dalam mengajar merupakan pembelajaran satu arah, sehingga cenderung membuat peserta didik menjadi pasif dalam belajar. Jenis penelitian ini Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sampel yang diambil berjumlah sebanyak 28 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan “total Sampling”. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman dan penguasaan peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan guru selama ini (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, dan II yaitu masing-masing 67,85%, dan 92,85%.
Unduhan
Referensi
Arikunto. 2002. Populasi Keseluruhan Dari Objek Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, O. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara.
Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Margono, S. (2004). Metode penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurhadi. 2001. Kurikulum. Jakarta: Gramedia Widia Sarana.
Keywords | : |
Kata Kunci:
belajar, matematika, STAD learning, mathematics, STAD
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2019-07-09
|
Cara Mengutip | : |
Sari, S. K. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PESERTA DIDIK KELAS IX 2 SMP NEGERI 01 MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 297–305. https://doi.org/10.52060/mp.v4i1.124
|
Terbitan | : |