PENGUATAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA: STUDI LITERATUR

Lintang Safitri ( Universitas Jember )
Maya Susanti ( Universitas Jember )
Cindy Anggun ( Universitas Jember )
Sri Wahyuni ( Universitas Jember )
Firdha Yusmar ( Universitas Jember )
Ulin Nuha ( Universitas Jember )

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal dalam membentuk karakter Profil Pelajar Pancasila. Karakteristik utama kurikulum merdeka ialah pengembangan softskills serta karakter peserta didik sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Salah satu pembelajaran esensial yang ada di kurikulum merdeka ialah pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA pada kurikulum merdeka bertujuan mengembangkan kemampuan dasar peserta didik untuk menganalisis gejala alam dan teknologi yang muncul dalam kehidupan sehari-hari secara sistematis dan kritis. Pengembangan pembelajaran IPA dapat dilakukan sesuai keunggulan dan keunikan daerah. Adanya unsur kearifan lokal ini melatih peserta didik agar dapat mengkaji kearifan lokal yang ada di lingkungan sekitarnya secara ilmiah. Penanaman dan penumbuhan nilai kearifan lokal serta karakter peserta didik dapat beracuan dari pembelajaran IPA. Metode dalam penelitian ini yakni Studi Literatur menggunakan pengkajian dan penelitian yang beracuan dari google scholar yaitu terdiri dari 5 artikel, dokumen, dan buku berdasarkan terbitan 10 tahun terakhir yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian analisis pada kelima artikel menunjukan pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal dapat digunakan sebagai acuan belajar untuk menanamkan nilai kearifan lokal dan karakter peserta didik. Sehingga dapat menjadikan peserta didik sebagai pelajar yang berkarakter, kompeten, serta bertingkah laku sesuai dengan nilai Pancasila.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustini, F. (2020). Integrasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional Tarik Tambang Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 114–120. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24513

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Cahyono, E. A., Sutomo., dan Hartono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan. 12(!):1-12.

Hadi, W. P., Sari, F. P., Sugiarto, A., Mawaddah, W., & Arifin, S. (2019). Terasi Madura: Kajian Etnosains Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Menumbuhkan Nilai Kearifan Lokal Dan Karakter Peserta didik. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(1), 45. https://doi.org/10.20527/quantum.v10i1.5877

Hartutik, Rapita, A., & Usman. (2021). PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK GURU-GURU SD DI KORWIL JULOK KABUPATEN ACEH TIMUR TRAINING. Jurnal Minda Baharu, 5(5), 171–182.

Ilhami, A., Diniya, Susilawati, Sugianto, R., & Ramadhan, C. F. (2021). Analisis Kearifan Lokal Manongkah Kerang di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau sebagai Acuan Belajar IPA Berbasis Etnosains. Jurnal Sosial Budaya, 18(1), 20–27. https://doi.org/10.24014/sb.v18i1.12723

Khaerani, S. H., Utami, S. D., & Mursali, S. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK. Journal of Banua Science Education, 1(1), 35–42.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706.

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98–107. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821

Pamungkas, A., Subali, B., & Lunuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta didik Implementation of Science Learning Model Based on Local Wisdom to Improve Creativity and Student Learning Outcomes. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 118–127.

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(2), 238–244. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Priyatna, M. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 5(10), 1311–1336. https://doi.org/10.30868/ei.v5i10.6

Ritonga, N. (2017). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES KOTA. Jurnal Cahaya Pendidikan, 3(2), 77–87.

Safitri, A. N., & Wahyuni, S. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Kopi Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 22–29.

Santika, I. W. E. (2022). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 6182–6195.

Santika, I. W. E. (2022). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 6182–6195.

Saputra, A., Wahyuni, S., & Handayani, R. D. (2016). Pengembangan Modul IPA Berbasis Kearifan Lokal Daerah Pesisir Puger Pada Pokok Bahasan Sistem Transportasi Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 182–189.

Saputra, A., Wahyuni, S., Program, M., Pendidikan, S., Program, D., & Pendidikan, S. (2016). PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAERAH PESISIR PUGER PADA POKOK BAHASAN SISTEM TRANSPORTASI DI SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 182–189.

Setiyaningsih, S., Magister, P., Dasar, P., Pascasarjana, F., Surabaya, U. N., Pascasarjana, F., & Surabaya, U. N. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(4), 3041–3052. https://doi.org/10.36312/jime.v8i4.4095/http


Keywords  :  
Kata Kunci: pembelajaran IPA, kearifan lokal profil pelajar pancasila. kurikulum merdeka. Science learning, local wisdom, Pancasila student profiles, merdeka curriculum.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-16
Cara Mengutip  :  
Safitri, L., Susanti, M., Anggun, C., Wahyuni, S., Yusmar, F., & Nuha, U. (2023). PENGUATAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA: STUDI LITERATUR. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 223–229. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1227
Terbitan  :