VIRTUALISASI PEMBELAJARAN MENULIS DONGENG BERBASIS PRODUK ANYFLIP MELALUI SPADA KAMPUS MERDEKA
Abstrak
Pembelajaran menulis dongeng secara daring memiliki keterbatasan dan tantangan. Dosen harus menyelenggarakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk memberikan stimulus kepada mahasiswa sehingga dapat mengikuti perkuliahan secara optimal. Stimulus yang diberikan adalah dengan anyflip dan platform SPADA Kampus Merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan virtualisasi pembelajaran menulis dongeng berbasis produk anyflip melalui SPADA Kampus Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan terhadap empat orang yaitu satu dosen pengampu mata kuliah Apresiasi Sastra Indonesia, satu mahasiswa peserta mata kuliah Apresiasi Sastra Indonesia, rekan sejawat di bidang media. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pembelajaran menulis dongeng dilakukan secara daring. Platform yang dipilih adalah SPADA Kampus Merdeka. Adapun beberapa tahap yang harus dilalui pada pembelajaran menulis antara lain tahap prapenulisan, tahap penulisan, dan tahap pascapenulisan. Produk dari perkuliahan ini adalah sebuah buku kumpulan fabel berbasis anyflip.
Unduhan
Referensi
Amin, N., Oviana, W., & Ghassani, F. (2021). Feasibility of Web-Based E-Book Learning Media Using Anyflip Web on Digestive System Materials. Bioeducation Journal, 5(2), 99–110.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed Methods Procedures. In Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches.
Gunawan, S. (2022). Analisis Kualitas Layanan Pengguna Website E- Learning Dengan Metode Servqual (Studi Kasus Spada Dikti Program Kampus Merdeka). MDP Student Conference (MDP-SC), 1, 526–537.
Lovell, J. (2019). Fairytale authenticity: historic city tourism, Harry Potter, medievalism and the magical gaze. Journal of Heritage Tourism, 14(5–6), 448–465. https://doi.org/10.1080/1743873X.2019.1588282
Martani, K. D. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Aplikasi Anyflip Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Siswa Kelas 4 SD N Bagusan Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 6(1), 65–72. https://doi.org/10.26877/jp3.v6i1.7296
Rohmawati, A., Hendayani, S., & Hasanah, U. (2022). Fairytale Writing Learning in Elementary School In The Digital Literacy Era. International Conference Social, Technology, Education and Health Science (ISTEHS), 1(1), 316–320. file:///C:/Users/User/Downloads/2. Ari Rohmawati.pdf
Rosada, U. D. (2016). Memperkuat Karakter Anak melalui Dongeng berbasis Media Visual. Children Advisory Research and Education), 04(1), 42–49. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/583/515
Ruini, C., & Ottolini, F. (2014). The Use of Narrative Strategies Based on Fairytales as a Novel, Integrative Ingredient in CBT: A Case Report. Explore: The Journal of Science and Healing, 10(2), 121–124. https://doi.org/10.1016/j.explore.2013.12.003
Sayer, I. M., Kristiawan, M., & Agustina, M. (2018). Fairy Tale as a Medium for Children’s Character Cooperation Building. Al-Ta Lim Journal, 25(2), 108–116. https://doi.org/10.15548/jt.v25i2.458
Spears, G. K. (2021). Breaking the gender binary: using fairytales to transform playground possibilities for year 3 girls. Education 3-13, 49(6), 674–687. https://doi.org/10.1080/03004279.2020.1767673
Keywords | : |
Kata Kunci:
Virtual, Menulis, Dongeng, Anyflip, SPADA Virtual, Writting, Fairy tales, Anyflip, SPADA
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-06-15
|
Cara Mengutip | : |
Rohmawati, A., Oktasari, A. F., Yulianto, B., Tjahjono, T., & Shodiq, S. (2023). VIRTUALISASI PEMBELAJARAN MENULIS DONGENG BERBASIS PRODUK ANYFLIP MELALUI SPADA KAMPUS MERDEKA. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 216–222. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1225
|
Terbitan | : |