PEMBENTUKAN CIVIC SKILL MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH KEWARGANEGARAAN

Sundari Utami ( Universitas Jambi )
Dedek Helida Pitra ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

 

Mahasiswa menjadi agen perubahan yang diharapkan mampu menjadi generasi bangsa yang cakap dalam berbagai hal. Skill atau kecakapan dapat dilatih melalui proses pembelajaran, diantaranya dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berisikan penjelasan dan gambaran berupa teks narasi sebagai hasil analisis. Pembelajaran berbasis proyek dilakukan melalui mata kuliah kewarganegaraan, mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan dalam menentukan topik permasalahan, menyusun langkah-langkah pengerjaan, menetapkan jadwal pengerjaan, memanfaatkan monitoring, menyajikan hasil proyek melalui presentasi, serta melakukan evaluasi sebagai catatan untuk perbaikan. Dalam proses pengerjaan proyek, civic skill mahasiswa diasah, untuk cakap dalam menentukan tindakan dalam menyelesaikan tugas yang telah didelegasikan. Mahasiswa dituntut untuk peka terhadap permasalahan dan mampu memberikan solusi tidak hanya berupa teori tetapi berupa aksi nyata yang direalisasikan secara langsung, sehingga dengan demikian mahasiswa akan memiliki skill yang tersah dan mampu menjadi warga Negara yang baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afrizal, Muh Nur, and Fatma Ulfatun Najicha. 2022. “Urgensi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Di Kalangan Mahasiswa Pada Zaman Millenial.” Jurnal Kewarganegaraan 6(1):1345–51.

Saputri Cahaya Erizha. 2019. “Analisis Pengembangan Civic Skills Peserta Didik Oleh Guru Ppkn Di Mts Al – Ikhlas Tanjung Bintang Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019.” Progress in Retinal and Eye Research 561(3):S2–3.

Petrus Simon Hartini, and Agnesia. 2020. “Peran Guru Pkn Dalam Membina Civic Skill Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 7.” Jurnal KANSASI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia) 5(1):127–37. doi: 10.31932/jpbs.v5i1.746.

Yanzi Hermi. 2016. “Penggunaan Model Problem Based Instruction Untuk Meningkatkancivic Skillpada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.” (1):1–23.

Marzuki, and Basariah. 2017. “The Influence Of Problem-Based Learning And Project Citizen Model In The Civic Education Learning On Student’s Critical Thinking Ability And Self Discipline.” 382–400.

Nirmayani, L. Heny, and Ni Putu Candra Prastya Dewi. 2021. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4(3):378. doi: 10.23887/jp2.v4i3.39891.

Puspita, Angela Marietya, Erry Utomo, and Agung Purwanto. 2022. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Pelajaran IPA Kelas III Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa.” Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(2):55–65. doi: 10.33084/tunas.v7i2.3194.

Pratiwi Rosi, Sari Rona Taula, and Angreni Siska. 2019. “The Effect Project Based Learning Learning Model on Sains Studies Learning Outcomes of Class III Students at SDN 34 Air Pacah Padang. Essay.” 9.

Subandi. 2011. “Qualitative Description as One Method in Performing Arts Study.” Harmonia (19):173–79.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. 2017th ed. BANDUNG: 2017.

Wibowo, Arif Prasetyo, and Margi Wahono. 2017. “Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret Memperkuat Multikulturalisme Di Indonesia.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 14(2):196–205. doi: 10.21831/civics.v14i2.16043.


Keywords  :  
Kata Kunci: project based learning, civics skills, pembelajaran project based learning, civics skills, learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-06
Cara Mengutip  :  
Utami, S., & Pitra, D. H. (2023). PEMBENTUKAN CIVIC SKILL MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH KEWARGANEGARAAN. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 186–193. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1219
Terbitan  :