PENERAPAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PGSD STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Tri Wiyoko ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Puput Wahyu Hidayat ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Iwan Setiawan ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningktakan motivasi belajar mahasiswa setelah menerapkan Edmodo dalam perkuliahan Ilmu Kemalaman Dasar. Jenis penelitian ini merupakan pre-experimental design dengan tipe pretest and posttest group desing. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket motivasi belajar. Subjek penelitian ini adalah 28 Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan Edmodo. Peningkatan motivasi belajar mahasiswa sebesar 14,93%. Hasil uji Paired Samples Test Motivasi belajar mahasiswa diperoleh  4,415 berarti = 4,415>  = 2,0518 dan nilai Sig. = 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan penerapan Edmodo dalam mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al-kathiri F. 2015. Beyond the Classroom Walls : Edmodo in Saudi Secondary School EFL Instruction, Attitudes and Challenges. Journal Canadian Center of Science and Education. 8(1), 189-204

Amanatusifah, Siti 2013. Pengaruh Tes Formatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batang Peranap Kecamatan Batang Peranap Kabupaten Indragiri Hulu). Skripsi. http://repository.uin-suska.ac.id/5655/1/2013_2013997PAI.pdf

Al-said, K. M. 2015. Student’s Perceptions of Edmodo and Mobile Learning and their Real Barriers towards them. The Turkish online Jurnal of Educationnal Technology (TOJET). 14 (2), 167-180.

Azhar, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5 No. 2 (2017) 93-196.

Fikri, Faiqul. 2017. Hubungan Antara Motivasi Dan Kemandirian Siswa Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SDN Gugus Tilomoyo Kabupaten Magelang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/31481/1/1401413531.pdf

Nasrullah, Anton. Ende , Suryadi. 2017. Efektivitas Penggunaan Media Edmodo Pada Pembelajaran Matematika Ekonomi Terhadap Komunikasi Matematis. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education Volume 2 Nomor 1, Juni 2017 ISSN 2548-2297

Pravesti, Cindy Asli. 2017. Hubungan Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Bimbingan & Konseling Universitas Pgri Adi Buana Surabaya. HELPER Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA Surabaya.

Puspitasari, P. Puspita & Wuryani. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia). Volume 1 Nomor 2, Maret 2018

Sardiman A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

https://id.wikipedia.org/wiki/Edmodo


Keywords  :  
Kata Kunci: Edmodo, motivasi belajar Edmodo, learning motivation
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2019-06-30
Cara Mengutip  :  
Wiyoko, T., Hidayat, P. W., & Setiawan, I. (2019). PENERAPAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PGSD STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 238–245. https://doi.org/10.52060/mp.v4i1.121
Terbitan  :