PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMUAN NUMERIK SISWA KELAS 2 PADA MUATAN MATEMATIKA SDN 110/I DESA TENAM

Yulia Nurhaliza ( Universitas Jambi )
Yantoro Yantoro ( Universitas Jambi )
Violita Zahyuni ( Universitas Jambi )

Abstrak

Rendahnya kualitas pendidikan dapat disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika terhadap kemampuan numerik siswa kelas II di SDN 110/I Desa Tenam. Metode jarimatika digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan kemampuan numerik siswa. Dalam penelitian ini, materi yang diguanakan adalah materi menghitung panjang menggunakan satuan baku. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dengan butir soal pilihan ganda yang diberikan saat pretest dan posttest. Untuk mengukur prasyarat dugunakan uji normalitas dengan rumus chi kuadrat yang mendapatkan hasil bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t yang mendapatkan hasil thitung sebesar 2,6 dan ttabel sebesar 2,03245 yang berarti thitung>ttabel yang menandakan Ho ditolak dan Ha diterima.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cahya, R. P. D. M., Arnyana, I. B. P., & Dantes, N. (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Numerik dan Hasil Belajar Matematika Materi Pengoahan Data Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 94.

Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Irawan, A. (2016). Peranan kemampuan numerik dan verbal dalam berpikir kritis matematika pada tingkat sekolah menengah atas. AdMathEdu, 6(2), 57310.

Jurnal, A., Matematika, P., Sains, D. A. N., Kemampuan, T., & Matematika, L. (2021). Asimetris: jurnal pendidikan matematika dan sains. April.

Koyan, I Wayan. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif :Undiksha Press.

Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal kependidikan, 1(1), 150-168.

Muhsetyo, Gatot. (2012). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta. Universitas terbuka.

Nasution, W. N. (2007). Ittihad. Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, Dan Prosedur, 1(2), 186.

Rahayu, (2022). Pengaruh Teknik Jarimatika Terhadap Keterampilan Berhitung Perkalian Siswa Kelas IV SDN Jogorogo 1 Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.41-48

Salim dkk. 2020. Penelitian pendidikan (Metode, Pendekatan dan Jenis). Jakarta: Kencana

Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan R&D. Alfabeta, 2019. ———. Sugiyono Sugiyono, Metode Penelitian Kunatitaif, Kualitatif, dan R&D (Alfabeta, 2017). Hlm 60. Bandung: Alfabeta, 2017.

Wulandari, S. P. (n.d.). Jarimatika E-book. 1–46. www.ibuprofesional.org

Utami, I. W. P. (2013). Penerapan Metode Jarimatika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Siswa Kelas III SDN Juwet 2 Kabupaten Kediri (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).


Keywords  :  
Kata Kunci: Kemampuan Numerik, Jarimatika, Matematika Numerical Ability, Jarimatika, Mathematics
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-06
Cara Mengutip  :  
Nurhaliza, Y., Yantoro, Y., & Zahyuni, V. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA TERHADAP KEMAMUAN NUMERIK SISWA KELAS 2 PADA MUATAN MATEMATIKA SDN 110/I DESA TENAM. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 180–185. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1202
Terbitan  :