PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE

Tri Wiyoko ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Dian Listia Ningrum ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Aldino Aldino ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Elvima Nofrianni ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Reni Guswita ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini berawal dari masalah kurangnya perhatian peserta didik pada saat proses pembelajaran, rendahnya tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran IPA. Hal ini mengakibatkan rendahnya proses dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 60/II Muara Bungo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 12. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari II siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan semester II tahun 2021/2022. Data penelitian dikumpulkan dengan observasi, dokumentasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model think pair share peserta didik dapat meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari peningkatan proses belajar peserta didik, pada siklus I mencapai rata-rata 64,22% berkategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 86,21% dengan kategori baik. Peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai rata-rata 58,88% berkategori kurang dan siklus II mencapai rata-rata 83,33% dengan kategori Baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2012). ). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Bumi Aksara.

Azizah, A. A. M., & Mashar, A. (2020). Analisis Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar. Jenius: Journal of Education Policy and Elementary Education, 2(1), 54–64. https://doi.org/10.22515/jenius.v1i2.3329

Mubarak, S., Azis, A., & Haris, A. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DISMA NEGERI 12 MAKASSAR. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 16(2), 1–8. https://doi.org/10.35580/jspf.v16i2.15985

Mundelsee, L., & Jurkowski, S. (2021). Think and pair before share: Effects of collaboration on students’ in-class participation. Elsivier: Learning and Individual Differences, 88(102015), 12. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2021.102015

Novianti, R. (2012). TEKNIK OBSERVASI BAGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. EDUCHILD, 1(1).

Purwandari, D. N. (2020). UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(9), 11.

Putra, F. C., Arifin, A. N., & Rasyid, A. (2021). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik Kelas 7 UPTD SMPN 1 Barru Melalui Model Problem Based Learning. 2(1), 8.

Ramadhani, S. P. (2017). Pengaruh Pendekatan Cooperative Learning Tipe (TPS) Think, Pair, and Share Terhadap Hasil Belajar PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(2), 124–134. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1653

Rathakrishnan, M., RAMAN, A., SINGH, M. K. S., MOHD, K., & YASSIN, Y. (2019). THE EFFECTIVENESS OF USING THINK-PAIR-SHARE (TPS) STRATEGY IN DEVELOPING STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS. Conference: ISER International Conference on Education and Social Science.

Sarwanto, S. (2016). PERAN KOMUNIKASI ILMIAH DALAM PEMBELAJARAN IPA. Prosiding: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN SAINS. https://media.neliti.com/media/publications/173508-ID-peran-komunikasi-ilmiah-dalam-pembelajar.pdf

Tembang, Y., Sulton, S., & Suharjo, S. (2017). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJARMELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan; Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(6), 812–817. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i6.9402


Keywords  :  
Kata Kunci: Proses, Hasil Belajar IPA, Think Pair Share Process, Science Learning Outcomes, Think Pair Share
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-10
Cara Mengutip  :  
Wiyoko, T., Ningrum, D. L., Aldino, A., Nofrianni, E., & Guswita, R. (2023). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 209–215. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1200
Terbitan  :