PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAKU SARAJA PADA MATERI AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV SD

Nikmah Fitria Surya ( Universitas Nusantara PGRI Kediri )
Dhian Dwi Nur Wenda ( Universitas Nusantara PGRI Kediri )
Nurita Primasatya ( Universitas Nusantara PGRI Kediri )

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN 1 Watudandang mengenai kesulitan siswa dalam memahami dan menghafalkan Aksara Jawa. Beberapa kendala yang muncul diantaranya yaitu keterbatasan alat dan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dengan model penelitian ADDIE. Adapun tujuan dari pengembangan media pembelajaran Paku Saraja (Papan Kubus Aksara Jawa) pada materi Aksara Jawa ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 1 Watudandang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan kuisioner. Teknik analisis datanya adalah teknis analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, yaitu meliputi uji kevalidan materi oleh ahli materi memperoleh nilai rata-rata 92 dengan kriteria kelayakan sangat baik. Kemudian uji kevalidan media oleh ahli media memeroleh nilai rata-rata 95 dengan kriteria kelayakan sangat baik. Uji kepraktisan media oleh guru memeroleh nilai 97 dengan kriteria kelayakan sangat baik. Serta uji kepraktisan media oleh siswa memeroleh nilai 97 dengan kriteria kelayakan sangat baik. Berdasarkan uji keefektifan produk, nilai siswa banyak yang meningkat diatas KKM yaitu sejumlah 15 siswa dari 18 siswa. Maka, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Paku Saraja layak dan efektifitas untuk digunakan dalam pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, S. D. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran.

Arafik, M. (2013). Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar Berbasis Karakter. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Negeri Malang.

Asyhar, R. (2021). Kreatif mengembangkan media pembelajaran.

Lewis, M. P. (2014). Ethnologue: Languages of the world.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Sari, A. D. (2016). Implementasi Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 19 Tahun 2014 Tentang Mata Pelajaran Bahasa Daerah Sebagai Muatan Lokal Wajib Di Sekolah/Madrasah Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk. Publika, 4(6).

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17.

Shofiyana, H. A. (2019, November). Pengembangan Media Papan Kubus Aksara Jawa (PAKURAJA) Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 3, No. 1, pp. 341-353).

Subrata, H. (2016). Marsudi Basa Lan Sastra Jawi. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sumardjan, S. P., & Pd, M. M. (2017). Media Kartu Sekolah Dasar. Formaci.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.

Sutarsih, S. (2015). Pembelajaran menulis Aksara Jawa anak kelas III Sekolah Dasar. Aksara, 27(1), 65-72.

Widyardi, T., Sulianto, J., & Kurniasari, N. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Powerpoint terhadap Hasil Belajar Kelas 4 di SD Negeri Sawah Besar 01. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4567-4573.


Keywords  :  
Kata Kunci: Pengembangan, Paku Saraja, Aksara Jawa Development, Paku Saraja, Javanese Script
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-01
Cara Mengutip  :  
Surya, N. F., Wenda, D. D. N., & Primasatya, N. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAKU SARAJA PADA MATERI AKSARA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV SD. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 57–66. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1185
Terbitan  :