PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KATAR (KARTU PINTAR) PADA MATERI TEMBANG MACAPAT UNTUK SISWA KELAS V SD

Kristina Maisaroh ( Universitas Nusantara PGRI Kediri )
Nikmah Fitria Surya ( Universitas Nusantara PGRI Kediri )
Mutma’innah Nurizzah ( Universitas Nusantara PGRI Kediri )

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian Katar (Kartu Pintar) ini sebagai media pembelajaran bagi siswa elas V SDN Panglungan 1 yang telah divalidasi dan kemudian diujicobakan Katar (Kartu Pintar) merupakan media atau alat peraga berupa kartu yang dibuat dengan tampilan yang menarik. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan media pengembangan Katar (Kartu Pintar). Jenis penelitian ini merupakan penelitian serta pengembangan. Peneliti menggunakan jenis penelitian yaitu data kualitatif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan model pengembangannya Addie. Adapun tahapan yang digunakan yaitu 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan kuisioner. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas V SDN Panglungan 1. Hasil yang diperoleh bahwa media pembelajaran roda putar mendapatkan presentase  kevalidan 86% dari ahli materi, 86% dari ahli media, dan uji kepraktisan 85% dari ahli pembelajaran. Berdasarkan uji keefektifan produk yang dilakukan bahwa ningkatan diatas KKM yaitu sejumlah 13 siswa dari 18 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM 86,65. Maka, dapat disumpulkan bahwa media Katar (Kartu Pintar) layak dan efektifitas untuk digunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Chairunnisa, C. (2018). Bahasa Dan Kebudayaan. Unes Journal of Education Scienties, 2(1), 48-61.

Desstya, A. (2012). Pembelajaran Kimia dengan Metode Teams Games Tournaments (TGT) Menggunakan Media Animasidan Kartu Ditinjau dari Kemampuan Memori dan Gaya Belajar Siswa. Thesis. Tidak Dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Firmansyah, M. D. (2015). Pelaksanaan Pemanfaatan Media Tolling G'drum (Botol Beling Dan Gong Drum) Dalam Pembelajaran Tembang Dolanan Siswa Kelas 4 SDN Lowokwaru 1 Kota Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Gumilang, G. S. (2017). Internalization of Philosophical Value “Tembang Macapat” In Guidance and Counseling.In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 62-77).

Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Saputro, Budiyono. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis Dan Disertasi. Salatiga: Aswaja Pressindo.

Silberman, Mel. (2013). Pembelajaran Aktif 101 Strategi Untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta : Permata Puri Media.

Susanto, Ahmad (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media

Zahra, H. (2018). Macapat: tembang Jawa indah dan kaya makna. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.


Keywords  :  
Kata Kunci: Pengembangan, Media, Kartu Pintar, SD Development, Media, Smart Card, Elementry School
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-06-22
Cara Mengutip  :  
Maisaroh, K., Surya, N. F., & Nurizzah, M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KATAR (KARTU PINTAR) PADA MATERI TEMBANG MACAPAT UNTUK SISWA KELAS V SD. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 240–248. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1184
Terbitan  :